- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Para lulusan Institut Teknologi Bisnis dan Kesehatan Bhakti Putra Bangsa Indonesia (Ibisa) Purworejo diminta menjadi bidan yang tanggap situasi terkini dan dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan ibu dan anak, serta situasi kompleks yang dihadapi perempuan sepanjang siklus reproduksinya. Pasalnya, bidan berperan sebagai sahabat perempuan, pemberi layanan, dan juga memberikan asuhan kebidanan promotif dan preventif.

Hal itu disampaikan oleh Plt Bupati Purworejo, Yuli Hastuti SH, dalam acara Wisuda Diploma III Kebidanan Angkatan XIII Tahun 2023 Ibisa Purworejo di auditorium kampus setempat, Sabtu (25/11). Menurutnya, bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan strategis, merupakan ujung tombak dalam pelayanan kesehatan ibu dan anak, kesehatan reproduksi perempuan, dan Keluarga Berencana. Keberadaan bidan sangat strategis dalam pembinaan, pelayanan, dan pembangunan kesehatan ibu dan anak.

“Kita sangat membutuhkan bidan yang kompeten, profesional, tanggap terhadap situasi terkini, dan dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan ibu dan anak, serta situasi kompleks yang dihadapi perempuan sepanjang siklus reproduksinya,” katanya.

Diungkapkan, guna memenuhi kebutuhan di bidang kesehatan, pemerintah terus melakukan upaya-upaya pembangunan kesehatan secara merata. Keberhasilan pembangunan kesehatan di Kabupaten Purworejo akan sangat mendukung pencapaian visi Kabupaten Purworejo yaitu mewujudkan Purworejo Berdaya Saing 2025.

Menurut Yuli Hastuti, Ibisa Purworejo selama ini telah ikut berperan serta dalam meningkatkan dan mengembangkan pendidikan kesehatan dengan mempersiapkan SDM kesehatan yang unggul dan bisa mengisi kebutuhan tenaga kesehatan di Kabupaten Purworejo.

ads

“Oleh karena itu, saya sampaikan apresiasi dan penghargaan kepada sivitas akademika Ibisa Purworejo, dan juga ucapan terima kasih kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan yang telah mendedikasikan diri dalam melaksanakan tugas mulia ini. Saya yakin kampus ini insya-Allah mampu menghasilkan bidan yang berkualitas dan mempunyai kompetensi tinggi yang dapat mendukung pembangunan kesehatan di Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.

Prosesi wisuda berlangsung khidmat dihadiri jajaran Forkopimda, perwakilan DPRD, perwakilan Dinkes Kabupaten Purworejo, Pengurus Yayasan BPB, serta para pimpinan perguruan tinggi dan rumah sakit di Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan itu, Plt Bupati Purworejo didampingi Rektor Ibisa, Nurma Ika Zuliyanti SST MKes, juga berkesempatan memberikan penghargaan kepada perwakilan wisudawan terbaik. Masing-masing yakni Ratih Indrayati Sasmita AMd. Keb (IPK 3,87), Finda Eka Friantina, Amd.Keb (IPK 3,85), Miftahu Rofingatul Karomah, AMd. Keb (IPK 3,84), Sulistyowati, AMd. Keb (IPK 3,84), Syafia Khusna, AMd. Keb (IPK 3,84).

Rektor Ibisa dalam dalam laporannya menyampaikan bahwa sebanyak 25 lulusan yang diwisuda telah menyelesaikan proses pendidikan dengan tuntas. Diawali dari tahapan pengenalan program studi, perkualihan selama 6 semester dengan menempuh 116 SKS, hingga pembelajaran di lahan praktik. Para lulusan juga telah mengikuti Ujian Kompetensi dan dinyatakan kompeten 100 persen.

Pada wisuda angkatan XIII ini, tercatat Indeks Prestasi Komulatif (IPK) tertinggi 3,87, IPK terendah 3,16, dan IPK rata-rata 3,52.

“Sebanyak 13 mahasiswa meraih predikat kelulusan Dengan Pujian dan 12 mahasiswa lulus dengan predikat Sangat Memuaskan. Dari 25 peserta wisuda hari ini terdapat 6 mahasiswi yang menempuh pendidikan melalui beasiswa KIP. 12 Diantaranya sudah bekerja sebagai bidan,” kata Nurma Ika Zuliyanti.

Sementara itu, Kepala LL Dikti Wilayah VI Jawa Tengah Bhimo Widyo Andoko SH MH, dalam sambutan yang disampaikan secara virtual menyampaikan bahwa Ibisa telah menunjukkan komitmen dan konsistensinya dalam menjalankan pendidikan tinggi yang berkualitas dan semoga dapat terus berkembang pesat menuju perguruan tinggi unggul.

“Selamat juga kami sampaikan kepada para wisudawan dan orangtua pendamping. Semoga para wisudawan yang telah memperoleh gelarnya ini dapat menjadi lulusan yang berwawasan luas, berkarakter, inovatif dan memberi kontribusi nyata kepada masyarakat luas,” terangnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!