METRO TIMES ( Ambon ) TNI Angkatan Laut. Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Danlantamal IX) Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., mendampingi Kepala Dinas Potensi Maritim Angkatan Laut (Kadispotmaral) Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi AS., S.T., S. Sos., M.M., memanen ikan kakap putih dan menanam bibit pohon kelapa Bido di lahan ketahanan pangan Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon. Senin, (08/08/2022).

Kakap putih merupakan salah satu jenis ikan karnivora yang memangsa makhluk hidup yang lebih kecil. Selain menghasilkan keuntungan yang tinggi, budi daya ikan kakap cukup mudah dan tanpa modal besar.

Kelapa Bido merupakan varietas kelapa super unggul, karena memiliki karakteristik cepat berbuah, produksi buah banyak yang menghasilkan kopra dan minyak yang tinggi serta mampu memproduksi nira tinggi. Istimewanya lagi, kelapa dari Morotai ini berbatang pendek, sehingga petani mudah dalam memanen.

Dalam sambutannya Kadispotmaral Laksamana Pertama TNI Dr. Suradi AS., S.T., S. Sos., M.M., menyampaikan bahwa dengan program ketahanan yang telah digalakkan TNI AL dalam hal ini diprakarsai oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono diharapkan dapat mendukung ketahanan pangan Nasional dan menjadi contoh serta bermanfaat bagi masyarakat sekitar wilayah kerja masing-masing.

“Apa yang telah dilaksanakan Lantamal IX Ambon, dalam rangka ketahanan pangan ini saya harap bisa menjadi trigger bagi masyarakat sekitar dan sumbangsih kita kepada bangsa dan negara”, tutur Kadispotmaral.

Setelah selesai melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon kelapa Bido, Kadispotmaral yang didampingi Danlantamal IX beserta rombongan melaksanakan panen ikan kakap putih di keramba apung lahan ketahanan pangan Lantamal IX Ambon.

“Budidaya ikan dengan keramba apung ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga kompleks untuk menjadi sarana budidaya berbagai jenis ikan air laut yang dapat dikonsumsi seluruh prajurit TNI AL khususnya warga Lantamal IX Ambon,” tutur Kadispotmaral dalam sesi wawancara.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di tempat yang sama yaitu Mako Lantamal IX Halong Ambon. Penanaman Kelapa Bido ini disamping bertujuan untuk melestarikan alam juga menjaga keindahan kompleks karena pohon tersebut memiliki batang yang pendek sehingga mudah di petik dan tampak cantik.

Hadir dalam kegiatan tersebut para PJU Lantamal IX, Kasatker Lantamal IX, Danyonmarhanlan IX Ambon dan Babinpotmar Lantamal IX.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini