- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ribuan buah durian bervarietas unggul lokal bakal dtampilkan pada Festival Durian dalam rangka Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo Tahun 2020. Masyarakat pecinta durian dapat mendatangi lokasi event tersebut selama 3 hari, Jumat-Minggu (14-16/2) di sepanjang jalan RAA Tjokronegoro atau depan Pendopo Kabupaten Purworejo.

Rangkaian Festival Durian akan dimulai dengan Grebeg Durian pada hari Jumat sekitar pukul 15.00 WIB. Dalam kesempatan itu akan diusung sejumlah gunungan durian mulai dari kawasan Museum Tosan Aji hingga Tugu Gunungan Wayang sisi timur Alun-alun Purworejo. Secara simbolik, salah satu gunungan akan diserahkan kepada Bupati Purworejo Agus Bastian dan sejumlah gunungan lain dibagikan kepada pengunjung untuk disantap bersama.

Grebeg dipastikan meriah dengan kirab puluhan pedagang durian yang terlibat festival, penyuluh pertanian lapangan (PPL), serta pejabat Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Purworejo.

“Sore ini kita sudah gladi acara grebeg dan Alhamdulillah semua antusias. Para pedagang durian dan PPL kita libatkan untuk lebih memeriahkan acara,” kata Kepala DPPKP Purworejo, Wasit Diono, Rabu (12/2).

Selama 3 hari, masyarakat dapat memilih berbagai varietas durian dalam Bazar durian. Sudah ada sekitar 27 pedagang durian yang menyatakan diri siap menjual komoditas duriannya. Untuk mencukupi permintaan pembeli selama 3 hari, sedikitnya 25.000 buah durian disiapkan.

“Terkait stok kita sudah upayakan cukup. Untuk harga tentunya nanti disesuaikan dengan kualitas,” sebutnya.

Selain para pedagang, bazar juga menampilkan stand-stand dari 9 kecamatan penghasil durian di Purworejo. Sejumlah kecamatan itu yakni Kaligesing, Bruno, gebang, Bagelen, Loano, Bener, Purworejo, Kemiri, dan Pituruh. Ada juga sejumlah stand khusus varietas durian unggulan dan makanan hasil olahan berbahan durian.

Bazar dibuka mulai pukul 09.00 hingga 21.00. Namun, khusus hari ketiga atau Minggu buka lebih pagi. Selanjutnya Pada hari kedua pukul 13.00 akan digelar lelang durian.

“Selama bazar kita juga isi dengan berbagai hiburan. Hari terakhir nati akan ada mini games durian,” jelasnya.

Lebih lanjut Wasit mengungkapkan bahwa selain mengisi Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purworejo, penyelenggaraan Festival Durian merupakan upaya Pemkab untuk menunjukkan bahwa Purworejo merupakan kota penghasil durian dengan berbagai jenis varietas unggulan lokal.

Lebih dari itu, festival sekaligus mendukung peningkatan produktivitas durian serta pengembangan sektor pariwisata.

“Otomatis ini juga mendukung visi misi Bupati untuk mewujudkan Purworejo sejahtera yang berbasis pertanian, pariwisata, industri, dan perdagangan yang berwawasan budaya, lingkungan dan ekonomi kerakyatan,“ungkapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here