- iklan atas berita -

METRO TIMES (BURU)-Generasi Mudah Forum Kerukunan Umat Beragama, (FKUB) Kabupaten Buru melaksanakan kegiatan moderasi Beragama.

Kegiatan yang di laksanakan di Kab Buru Kecamatan Weapo, pada Selasa tanggal 20/12/22 dini hari.

Ketua FKUB Kab Buru Muhammad mukadar dalam sambutannya menyampaikan bahwa.

“Para peserta yang turut hadir pemudah dan pemudih FKUB saya ingin menyampaikan sedikit istilah yang telah terpampan di tema yakni “DERMAGAMU” kegiatan ini merupakan inisiatif dari FKUB untuk membuat program di Kabupaten Buru.” ujar mukadar.

Katanya, program ini lebih fokus pada remaja yang memberikan pemahaman kepada masyarakat secara umum untuk bagimana memahami sikap-sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari sehingga kerukunan yang kita inginkan itu bisa terwujud secara nyata.

ads

“Program ini fokusnya kepada masyarakat secara umum agar bagaimana, mereka bisa memahami Sikap-sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari.” jelasnya.

Kegiatan ini di ikuti sebanyak 100 Peserta, dan dari 100 peserta ini hanya minta perwakilan dari masing-masing Agama.

“Kita hanya meminta perwakilan dari masing-masing Agama yang saat ini telah mengikuti kegitan yang kita selenggarakan pada hari ini.” paparnya.

Karena menurutnya, disini ada juga yang agama Budha jadi seluruh Agama ada perwakilannya.

“Ini kita buat supaya pemudah-pemudih kita yang berbedah-bedah agama ini bisa berbaur antara satu dengan yang lain.” ungkapnya.

Sebenarnya menurut Ketua FKUB, kehidupan sosial disini itu sama, karena di dasar dengan Ideologi Pancasila, ada juga di dasari oleh Nilai-nilai Agama masing-masing.

“Kita di dasari dengan nilai Pancasila dan nilai Agama masing-masing dan dalam kitab-kitab kita masing-masing dan juga kita di dasari oleh nilai-nilai Budaya Indonesia dan nilai-nilai inilah yang akan kita praktekkan.” tuturnya

Ketua FKUB itu mangatakan bahwa dalam konteks kebangsaan yakni masyarakat Indonesia dan saat ini banyak nilai-nilai yang hilang.

“Saat ini banyak nilai-nilai yang hilang di antaranya toleransi yang kurang dan kehidupan yang egois itu sebenarnya tidak pancasialis.” pungkasnya.

Turut hadir kepala Kesbangpol Kab Buru, Kapala Kementerian Agama Kabupaten Buru beserta staf Ketua Klasis Buru, Dan Bpa bpa Pdt Ketua MUI Buru, Camat Waeapo Baharuddin Besan SH.

Kegiatan ini melibatkan semua tokoh Agama pemuda dan umat beragama yang ada di Kecamatan Weapo, Lolong Guba dan Waelata , Pemuda
Muslim Angakatan Mudah GPM Orang mudah Katolik Hindu dan Budha. (Erwin Solissa )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!