- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Ratusan massa dari berbagai daerah di Purworejo yang tergabung dalam Aliansi Rakyat Petani Purworejo menggelar aksi damai mendorong agar Proyek Strategis Nasional Bendungan Bener segera diselesaikan, Jumat (21/1). Pasalnya, kebutuhan air dari Bendungan Bener tersebut sangat dibutuhkan bagi petani di Purworejo. Dalam aksi tersebut, massa aliansi mendapatkan pendampingan dari organisasi masyarakat Komando Bela Rakyat (KBR).

Dalam orasinya, Komandan KBR, R Heri Priantono SH menyampaikan bahwa kebutuhan air bagi para petani merupakan satu hal yang vital. Terlebih, beberapa tahun terakhir aliran irigasi yang bersumber dari Waduk Wadaslintang mengalami penurunan debit.

“Para petani memiliki harapan besar terhadap Bendungan Bener. Kami yakin, jika air dari Bendungan Bener sudah mengalir, petani dapat melakukan panen hingga tiga kali dalam satu tahun,” katanya.

Heri menambahkan, karena debit air irigasi yang terbatas para petani harus nyedot dari sumur sehingga menambah beban operasional.
Kabupaten Purworejo merupakan wilayah penyangga pangan nasional sebagai lumbung padi khususnya Jawa Tengah selatan. Dengan luasan lahan 29.004 hektare areal sawah yang dimiliki, produktifitas padinya tidak perlu diragukan lagi. Asal diurusi dan didukung dengan kebijakan pemerintah yang baik, infrastruktur yang baik, pendampingan, pembinaan dan lain sebagainya.

Pasang surut hasil panen padi adalah hal yang wajar dalam dunia pertanian. Kalau lagi bagus karena ditopang dengan aliran air irigasi yang cukup, pupuk yang tersedia, serangan hama minim, hasilnya sangat maksimal. Akan tetapi jika paling tidak satu dari tiga hal tersebut yakni air, pupuk dan hama tidak terkendali hasilnya akan berkurang.

ads

Berkaitan dengan hal tersebut, kami ingin menyampaikan aspirasi terkait realita yang kami hadapi di lapangan. Terlebih sejak tiga tahun terakhir. Area persawahan yang dialiri dari Waduk Wadaslintang seringkali tidak cukup karena debitnya berkurang. Hal ini memberikan dampak negatif bagi produktifitas padi di wilayah kecamatan Gebang, Kemiri, Kutoarjo, Bayan, Purworejo, Banyuurip, Ngombol dan sejumlah kecamatan lainnya.

Hal tersebut juga berpengaruh terhadap bertambahnya biaya produksi perawatan padi karena untuk mencukupi kebutuhan air harus nyedot dari sumur. Dan dalam situasi tertentu airnya juga tidak mencukupi.

Karena urgensi ketercukupan air terhadap stabilitas produksi padi di lumbung padi Jateng Selatan ini, kami Aliansi Rakyat Petani Purworejo mendorong pemerintah agar mempercepat Pembangunan Bendungan Bener yang nantinya akan mensuplay air ke area pesawahan di Purworejo yang selama ini masih kekurangan air dengan harapan tercukupinya kebutuhan air sawah itu nantinya hasil panen akan semakin meningkat yang secara otomatis juga akan meningkatkan kesejahteraan para petani.

Atas situasi dan kondisi tersebut serta adanya peluang solusi yang sudah ada di depan mata, kami Aliansi Rakyat Petani Purworejo menyatakan sikap dan tuntutan sebagai berikut:

1. Normalisasi infrastruktur irigasi secara menyeluruh.
2. Percepatan pembangunan Bendungan Bener. 3. Mendukung eskavasi material Bendungan Bener di Desa Wadas. 4. Mendukung penuh pemerintah dan aparat keamanan untuk menegakkan supremasi hukum terhadap oknum perusuh dan penghambat pembangunan bendungan bener. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!