- iklan atas berita -

Metro Times (Semarang) Lembaga Pendidikan Profesi (LPP) Graha Wisata Hotel School (Grawis) Semarang menyiapkan program magang peserta didiknya di sejumlah hotel berbintang lima di negara Jiran, Malaysia.

Direktur Grawis Heny Yuliastuti SE, MSi mengatakan, untuk merealisasikan program itu Grawis menjalin kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Vokasi Perhotelan World Skill Academy (WSA) Malaysia. Penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) kerjasama ditandatangani Direktur Grawis Heny Yuliastuti SE, MSi dan President and CEO WSA Malaysia, V K Kumeresan di kampus Grawis, Jl KH Ahmad Dahlan Semarang No 23, Jum’at (10/6).
“Melalui program kerjasama ini peserta didik Grawis bisa menambah pengalamannya lewat program magang di Malaysia, bahkan bisa berlanjut bekerja disana,” kata Heny di Semarang, Selasa (14/6).

Heny menjelaskan, saat mengikuti program magang mereka akan mendapat sentuhan kurikulum internasional American Hospitality Academy (AHA) yang dapat dimanfaatkan untuk berkompetisi di bursa kerja internasional di bidang perhotelan dan restoran. “Seperti kita diketahui bersama, negara-negara di kawasan Asia Tenggara, khususnya Malaysia saat ini membutuhkan banyak sekali tenaga hospitality professional untuk mengisi kekurangan SDM perhotelan karena rebound pariwisata pasca pandemi COVID-19,” ujar Heny

Heny menambahkan, ini merupakan peluang besar bagi hotelier Indonesia untuk mengembangkan karier di luar negeri, baik di hotel maupun kapal pesiar. Namun, ujarnya, karena sumberdaya manusia (SDM) dari Indonesia tidak mengantongi sertifikasi dan pengalaman internasional, akibatnya hotelier Indonesia kurang percaya diri untuk bersaing di mancanegara.

ads

Melalui program magang ini, para hotelier Indonesia memiliki kesempatan untuk menyiapkan diri secara intens sebelum memasuki pangsa pasar kerja di bidang perhotelan internasional.
“Kalaupun tidak memiliki minat untuk berkarier di mancanegara, para hotelier lulusan Grawis yang telah memiliki pengalaman internasional dapat berkarier di dalam negeri,” tegasnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!