- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Gubernur Maluku, Murad Ismail berharap, capaian dan prestasi pembangunan diberbagai bidang selama Tahun 2021 lalu, dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada tahun-tahun mendatang.

“Capaian yang diperoleh pada Tahun 2021 lalu harus dipertahankan dan ditingkatkan pada Tahun 2022 ini dan Tahun 2023 mendatang,”harap Gubernur ketika membuka musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Tahun 2023 di Santika Premiere, Rabu (27/4/2022)

Untuk itu, ingat dia, patut disyukuri, meski dilanda Covid-19, pembangunan daerah selama 2021 lalu menunjukan prestasi yang signifikan.” Pertumbuhan Ekonomi pada tahun 2021 berhasil mencapai 5,33 year on year yang berarti lebih tinggi dari nasional yang adalah sebesar 5,02 persen year on year.”sebutnya.

Mantan Dankor Brimob Polri ini mengatakan, Indeks pembangunan manusia meningkat dari 69, 49 persen menjadi 69, 71 persen. Tingkat pengangguran terbuka dari 7, 57 persen menjadi 6, 93 persen. Begitu juga penurunan angka kemiskinan secara signifikan dari 17, 99 persen menjadi 16, 30 persen.” Penurunan kemiskinan tersebut terbesar dalam kurun waktu 10 tahun terakhir dan terbesar pula diseluruh Provinsi di Indonesia,” terangnya.

Karenanya, dia berharap Musrembang RKPD ini mampu menghasilkan proses perencanaan pembangunan yang efisien dan efektif, partisipatif dan akuntabel. “Musrembang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Maluku Tahun 2023. Merupakan momentum strategis dalam perencanaan pembangunan tahun 2023. Ini merupakan bagian terpenting bagian penentu keberhasilan pembangunan dalam pemerintahan periode 2019-2024,”ingatnya.

ads

Untuk itu, lanjut dia, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Pertama, perencanaan pembangunan tahun 2023 untuk memperhatikan upaya penanggulangan Covid-19 serta pemulihan ekonomi. Kedua, pimpinan OPD harus melakukan sinergitas program daerah dengan program nasional. Ketiga, ciptakan dan tingkatkan inovasi dengan membangun kemitraan dengan BUMN dengan mendukung percepatan pembangunan didaerah.

“Keempat saya berharap kepada pemangku kepentingan di Provinsi Maluku untuk selalu optimis dalam mewujudkan upaya kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya.Hadir pada kesempatan itu, ForkopimdaMaluku, tokoh agama dan tokoh masyarakat, sejumlah Bupati dan Wakil Bupati, pimpinan OPD Provinsi Maluku, dan Kepala Bapeda Kabupaten dan Kota serta tamu undangan lainya.(Diskominfo Maluku)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!