- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Gubernur Maluku Irjen. Pol(Purn.) Drs. Murad Ismail jadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan HUT ke-78 PGRI Tahun 2023, di Lapangan Merdeka Ambon, pada Sabtu (25/11/2023).

Bertindak selaku Perwira Upacara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Maluku, Komandan upacara Kepala SMA Negeri 7 Ambon, Pembaca Pembukaan UUD 1945 Kepala SMP Negeri 17 Ambon, Pembaca Ikrar Guru Kepala SMP LKMD Tawiri, dan Penggerek Bendera dari perwakilan Siswa SMA Negeri 11 Ambon, SMA Kristen YPKPM Ambon, dan SMA Negeri 5 Ambon.

Gubernur saat membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, menyampaikan bahwa dirinya optimis bahwa semua pendidik di seluruh Indonesia masih akan terus bergerak mewujudkan Merdeka Belajar, karena keyakinan ini tumbuh dari hal-hal yang berhasil dicapai bersama dalam empat tahun terakhir.

“Pada tahun pertama Merdeka Belajar, kita menghapus Ujian Nasional dan memberi kepercayaan kepada guru untuk menilai hasil belajar muridnya. Kita menerapkan Asesmen Nasional agar kita semua berfokus menciptakan lingkungan belajar yang aman, inklusif, dan menyenangkan. Lingkungan belajar yang menumbuhkan kemampuan literasi dan numerasi serta karakter murid.” Jelasnya.

Ia juga menyampaikan di tahun berikutnya,diluncurkan Kurikulum Merdeka, jika Asesmen Nasional mengukur tujuan perubahan, Kurikulum Merdeka memberikan petunjuk jalan mencapai tujuan itu, karena Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang ditunggu-tunggu para guru, sebab tidak hanya meringankan beban murid berkat pengurangan pada jumlah materi, dan penekanan pada pemahaman yang mendalam, tetapi juga memerdekakan guru untuk mengolah kreativitasnya dan berinovasi dalam mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan sesuai kebutuhan murid

ads

“Ruang untuk belajar dan berbagi di antara sesama guru juga kini semakin luas dengan adanya platform Merdeka Mengajar, jutaan guru di seluruh Indonesia sekarang saling terhubung, saling belajar, dan menginspirasi satu sama lain dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.” Ungkapnya.

Selanjutnya, Ia mengatakan, terobosan besar kita hadirkan dengan meluncurkan Pendidikan Guru Penggerak. Program ini berbeda dari pelatihan guru yang sudah ada sebelumnya, karena tujuannya untuk mendorong lahirnya generasi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang mampu memimpin perubahan nyata.

“Terakhir, yang juga sangat membahagiakan adalah kita sudah semakin dekat untuk mencapai target satu juta guru ASN PPPK guna memenuhi kebutuhan guru, dan tentunya meningkatkan kesejahteraan para pendidik.” Terangnya.

Semua ini membuat dirinya percaya bahwa Hari Guru Nasional tahun ini bukanlah salam perpisahan. Sebaliknya, peringatan Hari Guru Nasional tahun ini adalah penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia.

“Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar. Selamat Hari Guru Nasional.” Tutupnya.

Untuk diketahui ada berbagai Capaian Gubernur Maluku pada Sektor Pendidikan Jenjang SMA/SMK/SLB yakni :
1. Jumlah aggaran fungsi Pendidikan selama 4 tahun melebihi 20%, dan pada tahun 2023 mencapai 35,88%, terbesar kedua secara nasional
2. Capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Maluku terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, dangka IPM Provinsi Maluku hingga Tahun 2022, mencapai 70,22 poin, tumbuh 0,51%, lebih cepat disbanding tahun sebelumnya, yang hanya 0,22% pada tahun 2021
3. Pemberian Bantuan Siswa Miskin (BSM) dan Kartu Maluku Cerdas (KMC) kepada 8.432 siswa.
4. Rehabilitasi 750 ruang sarana prasarana satuan Pendidikan (SMA,SMK dan SLB) Sejak Tahun 2020 – 2023
5. Pembangunan 873 ruang sarana prasarana Pendidikan (SMA, SMK dan SLB) sejak 2020-2023
6. Pengadaan peralatan praktik Pendidikan (SMA, SMK dan SLB) sebanyak 439 paket sejak tahun 2020-2023.
7. Pengangkatan guru tidak tetap/guru kontrak sebanyak 3.313 orang dari tahun 2020-2023
8. Pengangkatan guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2021-2023 sebanyak 1.849 guru.
9. Pelaksanaan kegiatan peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan, dengan melibatkan sebanyak 6.094 guru sejak tahun 2020-2023
10. Meloloskan 246 orang guru (SMA, SMK dan SLB) pada program Guru Penggerak Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Ristek.
11. Meloloskan 37 SMA yang menjadi Sekolah Penggerak di Provinsi Maluku, yang ditetapkan oleh Kemendikbud ristek RI
12. Meloloskan 18 SMK menjadi SMK Pusat keunggulan di Provinsi Maluku yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek RI
13. Meloloskan 2 SLB menjadi Sekolah Penggerak di Provinsi Maluku yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek RI
14. Cpaaian tingkat penyerapan lulusan SMK di Provinsi Maluku Tahun 2022 mencapai 82,03%
15. Capaian tingkat kepuasan duni kerja terhadap budaya kerja lulusan SMK di Provinsi Maluku tahun 2021 dan 2022 mencapai 83,30%.
16. Prestasi Siswa di Tingkat Nasional :
a. Peraih medali perak pada Ajang Kompetisi Siswa Nasional (KSN) Tahun 2023 Bidang Informatika dari SMA Negeri 1 Ambon
b. Runner up Remaja Putri Indonesia Tahun 2023 dari SMA Negeri 4 Maluku Tengah
c. Runner UP Putri Batik Remaja Indonesia Tahun 2023 dari SMA Negeri 2 Ambon, dan
d. Duta SMA Nasional Tahun 2023 dari SMA Negeri 2 Ambon dan SMA Negri 11 Ambon
17. Prestasi Kepala Sekolah di Tingkat Nasional
a. Peraih Nominasi Kepala Sekolah Inovasi terbaik tingkat nasional tahun 2022 yaitu Kepala SMA Negeri 5 Tual, dan
b. Peraih Nominasi Kepala Sekolah Inspiratif Sekolah Sehat terbaik tingkat Nasional tahun 2023 yaitu Kepala SMA Negeri 2 Maluku Tengah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!