- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Langgur ) Bupati Kabupaten Maluku Tenggara, Drs. Muhammad Thaher Hanubun mengukuhkan secara langsung Bunda Literasi Kabupaten Maluku Tenggara periode 2022-2023 bertempat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Maluku Tenggara Sabtu 23/7/22.

Pengukuhan terhadap Bunda Literasi Kabupaten Maluku Tenggara tertuang dalam SK Bupati Kabupaten Maluku Tenggara nomor 456 tanggal 3 Februari tahun 2022 tentang Pengukuhan Bunda Literasi masa bakti 2022-2023.

Dalam pengukuhan tersebut yang menjadi Bunda Literasi Kabupaten Maluku Tenggara yakni Ny. Eva Elia Hunubun yang merupakan istri orang nomor satu di jajaran Kabupaten Maluku Tenggara.

Penyamatan selempang terhadap Bunda Literasi Kabupaten Maluku Tenggara Ny. Eva Elia Hanubun dilakukan secara langsung oleh Bunda Literasi Provinsi Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad dan disaksikan oleh seluruh undangan yang hadir.
Bunda Literasi Provinsi Maluku, Ny. Widya Pratiwi Murad dalam arahannya mengatakan salah satu faktor keberhasilan pembangunan fisik dan non fisik terletak pada Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam sambutannya, Widya menyatakan semangat membaca dikalangan masyarakat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) demi kesejahteraan masyarakat.

ads

“ Kemampuan membaca bukan bawaan sejak lahir, melainkan merupakan suatu ketrampilan yang harus dipupuk dan dibina serta dikembangkan dari mulai pembinaan minat, kegemaran, kebiasaan sehingga membaca merupakan suatu budaya yang dapat menciptakan masyarakat yang belajar dan pada akhirnya dapat meningkatkan nilai tingkat kegemaran membaca untuk target nasional ditahun 2023 sebesar 63,3 persen“, jelas Widya.

Dikatakan lagi, hal penting yang menjadi perhatian bersama dalam tingkat kegemaran membaca yakni sejauh mana minat baca serta ketersediaan buku dan informasi lainnya.
Dirinya berharap Bunda Eva bisa menjadi mode dan tokoh penggerak budaya kegemaran membaca dan Literasi bersama Pemerintah Kabupaten, stakeholder dan elemen masyarakat dalam menumbuh kembangkan minat baca masyarakat, mendorong peningkatan kunjungan dan akses jasa informasi di perpustakaan, baik perpustakaan daerah, sekolah, desa, sampai pada taman bacaan maupun rumah pintar yang ada di kabupaten Maluku Tenggara.

Diharapkan, pengukuhan Bunda Literasi tidak hanya dilakukan di tingkat Kabupaten melainkan bisa sampai pada tingkat Desa yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara Barat, tutup Widya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!