- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Lomba karya tulis jurnalistik bagi pelajar SMP dan SMA sederajat digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2020. Kompetisi tersebut menjadi bagian upaya menguatkan kemampuan literasi para pelajar di Kabupaten Purworejo.

Panitia membagi lomba untuk jenjang SMP dan SMA sederajat. Penyelenggaraan lomba bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Purworejo.

“PWI Purworejo didukung penuh oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo,” kata Ketua Peringatan HPN) ke-35 PWI Kabupaten Purworejo, Budi Agung Jatmiko, Kamis (23/1).

Menurutnya, lomba menulis menjadi pilihan mengingat adanya indikasi ancaman penurunan minat baca dan menulis pelajar, akibat maraknya penggunaan gawai di Indonesia. Arus informasi yang semakin cepat, katanya, membuat generasi muda terutama pelajar kerap tidak menelaah lebih mendalam berbagai kabar yang diterima.

Akibatnya, kata Agung, kerap terjadi disinformasi di kalangan pelajar. Agung mencontohkan saat peristiwa demonstrasi penolakan revisi RUU KPK beberapa waktu lalu. Ketika itu, ada sekelompok pelajar dari Purworejo yang ingin ikut-ikutan demo, hanya terpengaruh ajakan di media sosial, padahal mereka tidak tahu substansi tuntutan demo itu.

ads

“Untuk itu, literasi pelajar perlu dikuatkan, salah satunya lewat lomba menulis,” ungkapnya.

PWI menentukan tema Wisata Purworejo untuk lomba kategori SMP. Sementara untuk tingkat SMA tema yang diangkat yakni Generasi Muda dan Literasi.

“Silakan membuat karya sebaik-baiknya, gunakan berbagai sumber informasi yang ada, misalnya dari internet,” jelasnya.

Pengumpulan hasil lomba dibatasi hingga 31 Januari 2020. Hasilnya akan diumumkan pada 5 Februari 2020. Selanjutnya penyerahan hadiah direncanakan pada puncak peringatan HPN PWI Purworejo pada 8 Februari 2020.

Sementara itu, Kepala Dindikpora Purworejo Sukmo Widi Harwanto mengemukakan, dinas mendukung sepenuhnya pelaksanaan lomba tersebut.

“Kami sangat mendukung, sebab adanya lomba ini akan meningkatkan minat tulis dan baca pelajar,” tegasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!