- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Jabatan Kepala Akutansi (Kaakun) Markas Komando (Mako) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) diserahterimakan dari Letkol Laut (S) Yose Rizal, S.H., M.Tr.Hanla, M.M. kepada Letkol Laut (S) Endi Esmoyo, S.E., M.M. Upacara serah terima jabatan tersebut dipimpin Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Kodiklatal Kolonel Laut (S) Johannes Tambunan, S.H., CFrA. di Aula Sekolah Perwira (Sepa) Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin) Kodiklatal, Bumimoro, Surabaya, Kamis (13/01).

Letkol Laut (S) Yose Rizal, S.H., M.Tr.Hanla, M.M. selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Wakil Kepala Sekretariat Umum TNI Angkatan Laut (Waka Setumal) Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Sedangkan penggantinya, Letkol Laut (S) Andi Asmoyo, S.E., M.M. sebelumnya menjabat sebagai Pabandya Dalwasgar Sops Kasal, Mabesal, Jakarta.

Dalam sambutannya, Kakuwil Kodiklatal mengatakan bahwa serah terima jabatan di lingkungan TNI AL adalah hal yang biasa dilakukan. Serah terima jabatan ini dimaksudkan untuk regenarasi dan penyegaran suatu organisasi. Di samping sebagai bagian dari pembinaan Korps Suplai yang telah berjalan sebagaimana mestinya.

Kaakun Mako Kodiklatal adalah Unsur Pelaksana Kuwil kodiklatal yang mempunyai wewenang dalam melaksanakan administrasi dan pelayanan keuangan kepada satker-satker di lingkungan Kodiklatal. Dalam melaksanakan kewenangan tersebut, Kaakun Mako Kodiklatal dituntut untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan, antara lain: menerima, menyimpan serta membuat pertanggungjawaban keuangan berupa Lapku dan Wabku secara periodik setiap bulan maupun insidentil sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku secara, cermat, tepat dan tepat waktu.

ads

Selain tugas dan tanggung jawab diatas, dengan diberlakukannya Peraturan Bersama Menteri Keuangan dan Menteri Pertahanan, Kaakun Mako Kodiklatal juga melaksanakan tugas sebagai PPSPM untuk mata anggaran yang telah dilimpahkan melalui Dipa daerah serta dibantu para Bendahara Pengeluaran di jajarannya demi kelancaran pelaksanaan anggaran melalui Dipa tersebut.

Oleh sebab itu, Kakuwil menekankan kepada Kaakun agar bekerja secara profesional dan bertanggung jawab dengan memegang teguh prinsip kehati-hatian sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, transparan akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan.

Pada bagian akhir sambutannya, Kakuwil menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Laut (S) Yose Rizal, S.H., M.Tr.Hanla, M.M. atas dedikasi dan loyalitas yang telah diberikan kepada Akun Mako Kodiklatal dengan baik.

Sedangkan kepada Letkol Laut (S) Endi Esmoyo, S.E., M.M., Kakuwil mengucapkan selamat atas jabatan baruya sebagai Kaakun Mako Kodiklatal. “Saya yakin dengan bekal pengalaman penugasan saudara sebelumnya, saudara akan mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik”, ujarnya. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!