- iklan atas berita -

METRO TIMES ( SBB ) POLSEK MANIPA.- Perhelatan Pemilukada November 2024 mendatang kini sudah mulai berlangsung. Situasi, kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Sitkamtibmas), kini jadi prioritas utama aparat keamanan dan masyarakat termasuk Polsek Manipa, Polres Seram Bagian Barat (SBB). Untuk itu Kapolsek Manipa, IPDA Edwin Ricardo Mangare menemui, para tokoh agama, dan tokoh masyarakat, serta tokoh adat se-kecamatan Manipa, khususnya desa Kelang Asaude dan Tomalehu Timur.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Desa Kelang Asaude, Adam Makatitta mengapresiasi, kegiatan pertemuan para tokoh itu, terutama kedua desa bertetangga tersebut.
“Kita apresiasi dan harus sampaikan terima kasih atas kehadiran staf Pemerintah Desa Tomalehu Timur, yang mana sudah hadir untuk bersama membahas situasi kamtibmas terutama terkait insiden kesalapahaman yang terjadi di Desa Kelang Asaude,”kata dia, dalam pertemuan tersebut, yang berlangsung di Balai pertemuan, Desa Kelang Asaude, Kamis (30/5/2024).

Makatitta menegaskan, bahwa apa yang menjadi polemik dalam Desa ini yang menjadi kecurigaan antara warga ke-dua desa bertetangga itu, sengaja dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab.
“Ternyata ada indikasi oknum tertentu dalam Desa Kelang Asaude yang mungkin sengaja atau tidak sengaja menginginkan hal yang tidak di inginkan maka saya atas nama kepala desa Kelang Asaude berharap kepada Pemerintah Desa Tomalehu Timur, tetap bersama jaga silaturami dan hubungan komunikasi,”kata dia.

Dirinya juga mengajak, seluruh masyarakat kedua desa agar disamping menjaga hubungan silaturahmi dan komunikasi, juga menjaga keamanan, ketertiban dan selalu mendukung pihak Polsek.
“Kita bersama dapat menjaga kemanan dan ketertiban di kecamatan Manipa, biar tetap dalam keadaan aman terkendali,”ajak dia.

Selain itu, lanjut dia, jika suatu saat nanti oknum-oknum tersebut, maka harus diproses oleh pihak Kepolisian biara ada efek jerah.
“Saya Percaya dan yakin bahwa hanya oknum-oknum yang tidak menginginkan keamanan dan ketertiban, jikalau pelaku di temukan kiranya dapat diproses secara hukum biar ada efek jerah untuk mereka,”tegasnya.

ads

Sementara itu, Seketaris desa Tomalehu Timur, Benherd Solinay mengatakan, Pemerintah Desa Tomalehu Timur, berharap agar masyarakat kedua desa tidak mudah terprovokasi dengan perbuatan yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab yang sengaja merusak hubungan persaudaraan kedua desa, serta mengganggu situasi dan kondisi keamanan wilayah kecamatan Manipa, khususnya kedua desa tersebut.
“Kiranya apa yang di janjikan dan pesan datuk jaman dulu agar mari generasi sekarang dan penerus tetap jaga Kecamatan Manipa, karena Samua basudara yang ada di kecamatan Manipa ini, semuanya orang saudara. Mari jaga, lihat Manipa ini, karena Manipa aman, Manipa indah bukan dari siapa-siapa tapi dari kita semua penerus yang ada,”pesannya.

Ditempat yang sama Kapolsek Manipa
IPDA Edwin Ricardo Mangare mengapresiasi, kedua bela pihak dalam menyikapi setiap persoalan di desa yang selalu berkomunikasi baik dengan Bhabinkamtibmas.
“Sebagai Kapolsek Manipa, saya menilai baik setiap kebijakan terkait upaya menjaga kamtibmas, dan kemampuan kordinasi yang baik dengan pihak kami.di setiap persoalan yang timbul di tengah tengah masyarakat,”kata dia.

Mangare juga mengingatkan, masyarakat agar jangan gampang percaya informasi yang tidak dapat di pertanggung jawabkan kebenarannya atau hoaks.
“Tingkatkan upaya siskamling di lingkungan masing-masing desa, bahkan rumah masing masing terutama malam hari. Setiap tindak pidana yang terjadi kami tetap tindak tegas sesuai aturan yang berlaku.Tentunya perlu bantuan dari masyarakat dalam hal pengungkapan dan tetap percayakan kami dalam berproses, dan memproses suatu tindak pidana kalaupun terbukti pasti kami akan proses dan tuntut sesuai hukum yang berlaku,”tegasnya.

Kapolsek juga berharap, agar masyarakat tetap jaga komunikasi, kolaborasi, antar desa tetangga .
“Jangan main hakim sendiri bila di ketemukan suatu tindak pidana serahkan biarlah hukum yang berproses. Harapan Kami mari mendukung pihak Polri dalam menjaga Kamtibmas di Kecamatan Manipa agar tetap aman dan terkendali,”pungkas Kapolsek. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!