- iklan atas berita -

MetroTimes (Surabaya) – Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga (UNAIR) kembali mengadakan webinar seri Airlangga Career Days, Kamis (23/2/2023) bertajuk “Sukses Mendapatkan Pekerjaan Impian Melalui Job Fair”. Acara ini menyambut Airlangga Career, Entrepreneurship, and Scholarship Fair (ACESFA) ke-37 yang akan digelar secara hybrid pada 7 hingga 8 Maret mendatang di Airlangga Convention Center.

Webinar kali ini menghadirkan narasumber Barnabas Matias selaku country head Indonesia SeeMeCV Pte Ltd. Abas mengatakan adanya bursa kerja (job fair) membuka peluang bagi para pencari kerja maupun mahasiswa untuk mengenal dunia kerja, bahkan mendapatkan karir impian.

Ia juga menyebut perlu ada persiapan diri yang matang saat mengikuti bursa kerja. Berikut menurut Abas, tiga tahap beserta langkah yang harus dilakukan jobseeker dalam rangkaian ACESFA.

Pre Job Fair

Langkah pertama, pastikan telah mendaftar job fair melalui website ACESFA. Abas lalu menyarankan peserta untuk melakukan riset terkait perusahaan yang ikut berpartisipasi agar mengetahui lowongan pekerjaan atau magang yang tersedia dan berbagai informasi terbaru.

ads

Selain itu, lengkapi profil akun di website tersebut sekaligus memperbarui resumecurriculum vitae (CV), dan LinkedIn secara profesional. Sebab perusahaan bisa melihat profil peserta pada laman ACESFA. Abas juga menganjurkan untuk berlatih perkenalan diri dan menyiapkan pertanyaan yang ingin diajukan nantinya.

Apabila hadir secara virtual, maka ada persiapan lain yang perlu diperhatikan. “Pastikan alat seperti laptop, smartphone, koneksi internet yang lancar, dan kalau bisa suasana saat mengikuti (job fair) harus kondusif,” jelasnya.

Saat Job Fair

Lanjut Abas, tidak hanya tampilan platform digital yang menarik, namun jobseeker diharapkan mampu mempresentasikan diri secara unggul saat job fair berlangsung, misalnya dengan berpakaian yang rapi. Kunjungi setiap booth perusahaan dan lakukan interaksi seperti menanyakan hal yang relevan kepada rekruiter.

Adapun untuk kegiatan ACESFA terdiri dari campus recruitmentcareer workshopcompany live sessionsscholarship expoCV and resume review, serta entrepreneurship festival. Peserta juga bisa memanfaatkan fitur diskusi yang memuat sesi tanya jawab dengan Human Resources (HR), personal improvement, dan management trainee sembari mencatat hasil dari diskusi.

Setelah Job Fair

Abas mengingatkan bagi peserta agar tidak lupa terkoneksi dengan HR baik melalui email atau LinkedIn. Hal ini untuk menindaklanjuti diskusi yang telah dilakukan saat job fair sekaligus menyampaikan rasa terima kasih atas kesempatan tersebut.

“Tunjukkan ketertarikan dan antusiasme pada rekruiter karena ini membantu kita lebih menonjol dari kandidat lain. Jadi teman-teman bisa memberikan sikap yang positif,” ujarnya.

Pada akhir, Abas memberikan tips menjadi jobseeker unggul yaitu memiliki mindset positif dan berani mencoba. Salah satunya dengan mengikuti ACESFA, ia yakin peserta akan memperoleh banyak manfaat dari pengetahuan sampai keahlian baru.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!