- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya)  — Menjelang peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2022, TNI AL menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Bangsa Surabaya, Rabu (12/1). Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Upacara ziarah dan tabur bunga ini bertujuan untuk mengenang jasa dan meneladani jiwa patriotisme para Pahlawan yang telah gugur dalam mempertahankan NKRI, khususnya dalam peristiwa Pertempuran Laut Aru tanggal 15 Januari 1962. Oleh sebab itu, peringatan hari Dharma Samudera tahun 2022 ini, diharapkan dapat menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan dan jiwa patriotisme generasi penerus untuk meneruskan perjuangan para Pahlawan dalam menjaga keutuhan NKRI.

Upacara Ziarah dan tabur bunga tersebut, dihadiri oleh para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya Raya, diantaranya Gubernur AAL, Danpuspenerbal Kas Koarmada II, Danpasmar II, Danlantamal V Surabaya, Danpuskopaska, Dangartap III Surabaya, Kadispsial serta hadir pula Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Titi Nurhidayat, dan para ketua Jalasenastri Bakor Wilayah Surabaya.

Kegiatan upacara berlangsung dengan khidmat yang diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dan dilanjutkan dengan peletakkan karangan bunga secara simbolis di tugu makam pahlawan oleh Irup serta diakhiri dengan penaburan bunga di makam pahlawan yang diikuti oleh seluruh peserta ziarah lainnya.

ads

Dalam kegiatan tersebut, Panitia penyelenggara menerapkan Protokol kesehatan secara ketat, diataranya dengan membatasi jumlah pasukan upacara. Kemudian diadakan pemeriksaan suhu tubuh, mewajibkan penggunaan masker, mencuci tangan dengan air mengalir atau hansanitizer untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!