- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Tanimbar ) Elias Batilmurik, Kepala Desa (kades) Waturu Kecamatan Nirunmas Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dinilai sukses dalam pengelolaan anggaran Dana Desa (DD) banyak mendapat apresiasi dari masyarakat.

” Pasalnya, kinerja kades dinilai dalam pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sangat transparan dan terbuka sehingga masyarakat merasa puas atas proses pekerjaan pembangunan waturu. Hal ini disampaikan salah satu perwakilan dari masyarakat Desa Waturu, kepada wartawan, Rabu (12/06/24).

Menurutnya, karena DD menjadi faktor penting sebagai stimulus yang mampu mengubah dan memperlancar roda pembangunan Ekonomi Desa sesuai harapan masyarakat.

Bahkan, kata dia, dalam pemanfaatan tersebut sangat maksimal dan sesuai dengan sistem pengelolaan serta berjalan sesuai harapan masyarakat. Misalnya, dalam anggaran untuk pembangunan DD sendiri di tahun 2023 dilakukan proses pembangunan jalan rabat beton sepanjang 160 meter telah digunakan warga setempat.

Selain akses jalan rabat beton, Pemerintah Desa juga membangun Pipanisasi (air bersih) dengan volume 250 meter yang bersumber dari DD tahun anggaran 2023 juga dialokasikan untuk pembangunan bak penampung air, peningkatan perpustakaan desa, rehabilitasi kantor yang belum terealisasi. Namun dalam waktu dekat ini akan secepatnya diselesaikan karena terkendali yang dimulai dari tahapan proses perencanaan, pelaksanaan, serta evalwasi yang jelas dan berdasar prensip dengan bentuk laporan yang dibuat harus transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

ads

” Tujuan DD yang disalurkan ke desa untuk membantu dalam mengatasi permasalahan ekonomi di masyarakat. Bahkan, dapat menekan jumlah pengangguran di desa, sebab proses pekerjaan – pekerjaan pembangunan fisik di desa juga melibatkan warga setempat,” ujar kades.

Dana Desa juga sangat membantu untuk pemberdayaan untuk masyarakat dan pemerataan pembangunan infrastruktur dan menciptakan peluang serta lapangan kerja baru bagi warga masyarakat dan juga sebagai pendorong pembangunan desa. Selain itu juga untuk membangun Sumber Daya Masyarakat (SDM) demi peningkatan kesejateraan masyarakat Desa setempat sesuai harapan masyarakat,” jelasnya.

Kades menambakan, hal ini guna untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPD) berdasarkan musyawarah masyarakat desa waturu,” beber dia. (Hendrik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!