- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Kasdam XVI/ Pattimura Brigjen TNI Asep Abdurachman mewakili Pangdam XVI/ Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. menghadiri upacara pembukaan Diklat Integrasi Kampus Kebangsaan Siswa Dikmaba TNI AD- Siswa Diktukba Polri TA 2022 di Lapangan Letkol Pol (P) Chr. Tahapary, Tantui Ambon, Senin (12/12/2022).

Sebanyak 274 siswa, yang terdiri dari 177 siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD dan 97 Siswa Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri 2022 nantinya akan mengikuti Pendidikan dan Latihan Integrasi Kampus Kebangsaan.

Pendidikan terintegrasi ini merupakan tindak lanjut peningkatan kerjasama yang diwujudkan dalam kegiatan terintegrasi pada pendidikan pembentukan atau pendidikan pertama, pendidikan pembentukan perwira, dan pendidikan pengembangan umum. Dalam hal ini, kegiatan terintegrasi, siswa Dikmaba TNI AD akan mengikuti pendidikan di SPN Polda Maluku, begitu dengan siswa Diktukba Polri akan berada di Rindam XVI/ Pattimura selama lima hari.

Kegiatan ini menitikberatkan pada keterampilan berkomunikasi, memotivasi diri, kemampuan memecahkan permasalahan kerjasama tim dan kepemimpinan yang memiliki jiwa Ksatria integrasi.

Membacakan amanat dari Dankodiklat TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan, oleh Kasdam XVI/ Pattimura, Dankodiklat berharap dari adanya kolaborasi integrasi ini adalah tumbuhnya bibit integrasi yang kuat dalam institusi TNI- Polri. “Kegiatan kolaborasi integrasi ini bermanfaat strategis karena kedepan tugas negara yang diemban oleh TNI- Polri harus selalu bersama- sama saling berkoordinasi, berintegrasi dan bersinergi,” ujarnya.

ads

Adapun materi yang diberikan selama kegiatan pendidikan kolaborasi antara lain tentang pengenalan doktrin matra, fungsi matra, perbantuan TNI pada Polri – perbantuan Polri kepada TNI, dan operasi bersama.

Upacara turut dihadiri oleh sejumlah pejabat diantaranya Danlantamal IX/ Ambon Brigjen Mar Said Latuconsina, Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Kabinda Maluku Brigjen TNI Anton Irianto Popang, Danrindam XVI/ Pattimura, Dansecaba Rindam, PJU Polda Maluku, Dansatpom Lanud Pattimura dan Forkopimda Provinsi Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!