- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Sebagai upaya meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, para prajurit, PNS dan siswa serta anggota Jalasenastri, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) menggelar peringatan Nuzulul Quran 1443 H/2022 M, yang dilaksanakan di Masjid Ibadurrahman, Kodiklatal Surabaya, pada Senin (25/4).

Peringatan Nuzulul Quran 1443 H/2022 M ini mengambil tema “Nilai-Nilai Ramadhan Dalam Kehidupan Prajurit TNI”, dan dihadiri Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Irkodiklatal, Kapokgadik, para Direktur Kodiklatal, dan Para Komandan Kodik Kodiklatal. Juga hadir Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal Ny. Etta Suhartono beserta pengurus Gabungan Jalasenastri Kodiklatal.

Dankodiklatal, Letjen TNI Marinir Suhartono dalam sambutan tertulisnyanya yang dibacakan Wadan Kodiklatal antara lain menyampaikan bahwa tanggal 17 Ramadhan kaum muslim di seluruh dunia memperingati sebuah peristiwa penting dan sangat bersejarah yakni Nuzulul Quran. Al Quran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman bagi umat manusia untuk mengarungi kehidupan demi mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
Lebihlanjut dikatakannya, bahwa Al Quran sebagai Kalamullah, terbukti selalu relevan dengan problema kehidupan yang semakin kompleks yang dihadapi oleh manusia.

Sementara itu, uraian lebih luas tentang hikmah peringatan Nuzulul Quran ini disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Syukron Jazilan,M.Ag, Dosen UINSA DAN UNUSA Surabaya yang juga Ketua MUI dan IPHI Surabaya serta Wakil Ketua LDNU Jatim menyampaikan bahwa Al Qur’an adalah firman Allah SWT dan juga merupakan kalam Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaraan malaikat Jibril secara berangsur-angsur selama 23 tahun.

ads

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Al Jihad Surabaya ini, Al Quran diturunkan di kota Mekkah selama 12 tahun berkaitan tentang keimanan dan di Madinah selama 11 tahun berkaitan tentang tatanan sosial kemasyarakat yakni seperi tata kehidupan berkeluaraga dan bermasyarakat.

Peringatan keagamaan ini merupakan pelaksanaan dari Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M y dalam rangka meningkatkan Iman dan Taqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan sekaligus pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Agkatan Laut yang unggul. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!