- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Sejumlah pejabat Kodam XVI/ Pattimura, seperti Aster Kasdam XVI/ Pattimura Kolonel Inf Chrisbianto Arimurti, Kasiter Korem 151/ Binaiya Kolonel Inf D.C. Soumokil, Pa Ahli Bidang Mansishaneg Kolonel Czi Achmad Yussa dan Pabandya Komsos Mayor Inf Rolando bersama dengan para pejabat pemerintah Kota Ambon , seperti Walikota Ambon, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian dan sejumlah pejabat lainnya melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pasar di kota Ambon, Selasa (06/09/2022).

Kegiatan ini merupakan Operasi Pasar Bahan Pangan Pokok kerjasama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Maluku dengan pelaku usaha dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) Maluku pasca kenaikan BBM yang resmi diumumkan oleh Presiden per 3 September lalu. Harga Pertalite naik dari Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. Selain BBM Pertalite, kenaikan juga terjadi pada Solar bersubsidi dari Rp 5.150 per liter menjadi Rp 6.800 dan Pertamax Non- Subsidi dari Rp 12.500 per liter menjadi Rp 14.500. Beberapa pasar yang menjadi sasaran pengecekan yaitu Disperindag Provinsi Maluku, Pasar Mardika, Pasar Wayame, Pasar Batu Merah, Pasar Passo, dan Pasar Gudang Arang.

Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan dengan adanya pengecekan ke pasar- pasar di kota Ambon ini adalah upaya Kodam XVI/ Pattimura turut mengawal dan membantu pemerintah. “Kita bersama melaksanakan pengecekan bersama tim terkait baik dari pemerintah kota Ambon maupun Provinsi Maluku yang tujuannya menjaga stok atau ketersediaan dan kestabilan harga pasaran,” terang Kapendam.

“Pengecekan dan monitoring ini akan berlangsung selama seminggu kedepan,” tambah Kapendam.

Berdasarkan hasil pengecekan, hingga hari ini pasca penyesuaian harga BBM ,harga dan stok kebutuhan seperti beras, bawang merah, cabai, minyak dan sayur di sejumlah pasar Kota Ambon terpantau stabil. Seperti cabai perkilo senilai Rp 50.000, bawang merah senilai Rp 22.000 dan beras lima kiloan senilai Rp 55.000.

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!