- iklan atas berita -

 

 

Metro Times (Surabaya) – Guna mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Kodiklatal), Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat memberi pembekalan kepada siswa Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-29, Pendidikan Matra (Dikmatra) 1 dan Pendidikan Aplikasi (Dikaplikasi) 1. Pembekalan kepada prajurit strata Perwira Pertama (Pama) tersebut dilaksanakan di gedung Belatrix Sekolah Lanjutan Perwira (Selapa) Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Komando Pendidikan Operasi laut (Dankodikopsla) Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han), para Komandan Pusat Pendidikan (Pusdik) dibawah Kodikoplsa serta para Komandan sekolah dibawah Pusdiklapa.

Dalam pembekalan tersebut Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan uraian tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Kodiklatal, peningkatan kualitas pemimpin, Figur pemimpin yang diharapkan, pendidikan dan Latihan yang dilaksanakan TNI AL tahun 2020 serta tantangan dunia militer yang dihadapi kedepan.

ads

Menurutnya, Kodiklatal senantiasa membekali para siswa di bidang mental, kepribadian, akademik, ketrampilan profesi dan keprajuritan serta bidang kesehatan dan kesamaptaan jasmani untuk menjadi pemimpin sesuai dengan figur pemimpin yang diharapkan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Figur seorang pemimpin haruslah bermoral yang memiliki kualitas personil yang sensitif, humanistik yang peduli pada manusia dan masyarakat. Profesional yaitu memiliki penguasaan keilmuan atau keahlian, Jiwa korsa, etika dan tanggung jawab. Figur lainya berani yaitu memiliki karakter berani menghadapi dan menciptakan perubahan dalam arti positif dan berani mengambil keputusan serta berani menghadapi resiko meskipun hal itu mengancam jiwa dan raga.

Adapun latihan yang diselenggarakan TNI Angkatan laut di tahun 2020 ini antara lain Latihan Armada Jaya XXXVIII Tahun 2020 untuk geladi Posko dilaksanakan di Kodiklatal, laihan lainya adalah yang rencananya akan Latma Cassoex, Helang Laut, Rimpac, Secat dan Kakadu,MNEX dan latihan Joint Minex Pandu.

Disisi lain Komandan Kodiklatal menyampaikan bahwa saat ini para Perwira Siswa masuk dalam generasi milenial yang memiliki tantangan berat dalam menjaga stabilitas dan soliditas karena di sini telah terjadi Revolusi Industri 4.0 yang berpengaruh terhadap kehidupan perwira meliputi perubahan perilaku dan gaya hidup, disiplin, dan militansi. Berkaitan dengan revolusi industri tersebut maka karakter, jatidiri, moralitas, disiplin dan Ilpengtek tidak boleh rapuh dan terkikis.

Adapun pengaruh kemajuan Iptek hal yang positif adalah mempermudah komunikasi, memperpendek rentang waktu penyebaran informasi, serta dapat mengetahui perkembangan dunia dengan cepat. Sedangkan implikasinya, apabila salah menyikapi akan terjadi perang opini, hybrid warfare, black Compain dan hoax.

Secara tidak sadar dengan kemajuan Iptek tersebut, diri kita telah terjajah dengan teknologi, hal ini dibuktikan dengan kita rela untuk membayar keberadaan teknologi, kehidupan kita yang ketergantungan teknologi, masuk ke ruang yang sangat privasi tanpa sekat, menghilangkan nilai budaya tradisi dan norma dan bisa mengadu domba. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!