- iklan atas berita -

METRO TIMES.( Ambon )  penjelasan mengenai Pilkades serentak 2022, oleh Anggota DPR-D Kota Ambon ketua komisi I, Zeth Pormes, selasa 15/02/2022. menyampaikan bahwa Pilkades serentak akan di lakukan di bulan Maret 2022, DPRD-kota Ambon komisi I telah melakukan rapat banyak 2 kali dengan pemerintah kota, DPD, dan seluruh Desa di kota Ambon, bersama dengan Sekretaris kota (Sekot) Ambon.

Dalam rapat tersebut sudah di siapkan anggaran untuk pelaksanaan Pilkades serentak, Agus Ririmasse, (Sekot), mengatakan bahwa semua jaminan, seperti segi anggaran, segi pelaksanaan, segi surat-surat dan lain-lain, telah disiapkan guna menjadi Dasar Hukum untuk pemilihan kepala Desa ( Pilkades), dalam kesiapannya telah di bentuk panitia tingkat kota, dan penitia tingkat Desa telah disiapkan.
Diawal februari kondisi Covid meloncat tinggi, tetapi pemerintah kota sudah melakukan rapat kordinasi bahwasanya mereka akan tetap konsisten untuk tetap melakukan pemilihan kepala Desa serentak sesuai dengan agenda yang telah di tetapkan pada bulan Maret 2022. Pilkades akan berjalan secara maksimal, dengan tetap mengaja anjuran pemerintah yaitu menjaga protokol kesehatan.

Pengelasan perwakilan dari dari komisi I DPR-D kota Ambon, menyatakan bahwa, pada konsistennya, Pilkades serentak tetap jalan secara prosedural, sampai saat ini belum ada informasi tentang penundaan untuk pemilihan Pilkades, dan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, juga menyatakan bahwa Pilkades tetap berjalan sesuai ketetapan.

Selaku komisi I kami tetap Mendorong semua proses pelaksanaan Pilkades untuk tetap sesuai agenda, pada 9 Desember 2021 juga dilakukan Pilkades serentak semua berjalan lancar, dan saat itu tidak ada kelas terbaru. Dan Pilkades kali ini juga dengan 30 Negeri, 8 Desa dan 12 Negeri Adat, yang di pimpin oleh raja-raja dan perintah daerah setempat, yang akan tetap berjalan penetapannya, yang terpenting harus mematuhi aturan pemerintah dengan kondisi Covid sekarang ini, yaitu menjaga protokol kesehatan dengan cara, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, dan tentu selalu berdoa, sebut dirinya.Komisi I tetap menjadi fungsi kontrol untuk anggaran dan regulasi dalam proses Pilkades tersebut.

Anggaran Pilkades adalah anggaran Hiba, Kenapa Hiba? Karena masing-masing Negeri memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, misalkan Desa Galala, Lata dan Negeri lama termasuk dalam skop kecil, sedangkan Waiheru, Poka dan Wayame masuk skop besar. Perincian anggaran di susun oleh panitia tingkat kota, dan di anggarkan keuangan kota Ambon. Dan untuk nominalnya silakan tanyakan kepada pihak keuangan.

ads

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!