- iklan atas berita -

METRO TIMES [ Masohi ] Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno melakukan kunjungan kerjanya di Desa Wolu Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah, Minggu 5 Maret 2023.

Dalam kunjungan kerja tersebut, Wakil Gubernur di dampingi Ny Barnabas Orno, Ketua DPD KNPI Maluku serta rombongan.

Kedatangan Wagub di Negeri Wolu disambut oleh Kepala Pemerintah Desa atau Raja beserta staf dan Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta Masyarakat Nrgeri Wolu.

Kunjungan keeja Wagub tersebut dalam rangka Peresmian Renovasi Pembangunan Mesjid Nurul Falah Negeri Wolu, Wagub sebelum melakukan Peresmian Renovasi Pembangunan Mesjid Nurul Falah Negeri Wolu, Wagub bersama Ny Barnabas Orno dikukuhkan sebagai anak Adat Negeri Wolu oleh Tetuah Adat dengan gelar adat yg diberikan kepadanya adalah Ama Latu dan Ina Latu Sapoelalin.

Ini adalah salah satu gelar adat yg diberikan atau dikukuhkan kepada seseorang sebagai anak Adat atau anak Negeri itu sendiri.

ads

Setelah Pengukuhan Adat, Wagub menuju Mesjid Nurul Falah Negeri Wolu utk meninjau Renovasi Pembangunan Mesjid yg sdh dilaksanakan dan selanjutnya melaksanakan peresmian Renivasi Pembangunan Mesjid yg sdh selesai dikerjakan.

Wagub diawal sambutannya setelah selesai Peresmian, wagub menyampaikan bhw Mesjid Nurul Falah adalah merupakan salah satu Mesjid Adat yg dibangun oleh para Leluhur olehnya itu bentuk bangunannya jgn dirubah, karena ini merupakan salah satu bukti bahwa pembangunan dalam bentuk kearifan lokal dan adat istiadat tetap ada dan selalu di jaga.

Menurut wagub demikian juga dengan Bangunan Rumah Raja yg bentuk bangunannya menunjukan bhw tatanan adat istiadat khususnya di Maluku, terkhusus lagi di Negeri Wolu ini masih tetap terjaga.

Diahir sambutannya Wagub menghimbau kepada Warga Masyarakat utk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta persaudaraan diantara kita semua karena kita orang Maluku dari Barat sampai di Timur Tanah Maluku ini adalah bersaudara karena ada keterkaitan Budaya dan Adat Istiadat.

Selesai acara ramah tamah, Wagub bersama Ny Barnabas Orno mendatangi rumah Tua dari salah satu keturunan leluhurnya (Neneknya) Ny Barnabas Orno yaitu Rumah Tua marga Leuly, yg mana Ny Orno adalah salah sstu dari keturunan dari marga Leuly yaitu Releuly, Leleuly merupakan marga keturunan dari Ny Orno.

Wagub dan Nyonya serta Rombongan selanjutnya melanjutkan perjalanannya ke Desa Tehua guna peletakan batu pertama pembangunan renovasi Mesjid Negeri Tehua, sehabis peletakan batu pertama pembangunan renovasi Mesjid Tehua, Wagub bersama Ny Orno dan rombongan meninggalkan tempat menuju Masohi utk kembali ke Ambon.
(Syam Leuly MT)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!