- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Banyak manfaat yang bisa didapat setelah tergabung menjadi peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tidak hanya terjamin biaya pengobatan, namun juga biaya pemeriksaan kesehatan. Salah satunya layanan pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil. Hal ini diakui oleh Sulistyowati (40), warga Kutoarjo, Kabupaten Purworejo yang turut memanfaatkan Program JKN untuk memeriksakan kandungannya selama hamil hingga proses persalinan.

Wanita yang akrab dipanggil Sulis ini bercerita, selama kehamilannya yang kedua, ia merasa lebih tenang karena telah terdaftar sebagai peserta JKN. Ia mengaku puas karena program ini menyediakan layanan pemeriksaan kehamilan atau antenatal care (ANC) sehingga ia merasa diri dan calon buah hatinya terlindungi.

“Saat hamil, saya mendapat layanan pemeriksaan kehamilan ANC sebanyak empat kali, yaitu satu kali pada trimester pertama, satu kali pada trimester kedua dan dua kali pada trimester ketiga. Melalui layanan pemeriksaan ANC ini tumbuh kembang calon buah hati dan kesehatan ibu terkontrol,” katanya.

Kemudahan akses layanan kesehatan bagi ibu hamil dirasakan Sulis berkat adanya Program JKN. Bahkan hingga tiba saatnya ia melahirkan, program ini juga membantu Sulis melewatinya dengan lancar.

“Bersyukur sekali Program JKN telah memberikan kemudahan bagi saya untuk bisa mendapat layanan kesehatan yang memadai sehingga saya bisa melahirkan anak kedua dengan selamat dan dalam kondisi sehat,” ucapnya.

ads

Sulis mengaku, seluruh biaya telah ditanggung program ini. Tidak sedikitpun uang ia keluarkan untuk membiayai pemeriksaan kehamilan hingga persalinan. Bahkan, Sulis masih mendapatkan layanan pemeriksaan paska melahirkan atau postnatal care (PNC) sebanyak empat kali. Layanan pemeriksaan ini juga termasuk dalam manfaat Program JKN.

Menurutnya, Program JKN menjadi wujud nyata peran pemerintah dalam memberikan kesejahteraan kesehatan bagi masyarakat. Oleh karena itu, memastikan diri dan anggota keluarga terdaftar sebagai Peserta JKN sangatlah penting.

“Saya pastikan seluruh keluarga saya telah memiliki Kartu JKN dan dalam kondisi aktif dengan rutin membayarkan iuran tepat waktu. Hal ini saya lakukan sebagai upaya antisipasi jika sakit atau membutuhkan layanan kesehatan maka bisa dengan mudah mengaksesnya. Terbukti, proses kehamilan dan persalinan anak kedua saya lancar dan tidak ada kendala berarti,” ujar Sulis.

Di akhir, ia mengimbau agar masyarakat menaruh perhatian khusus pada Program JKN dengan mendaftarkan diri sebagai peserta dan menjaga keaktifan kartunya. Apalagi bagi ibu hamil, Sulis mengajak agar jangan sampai terlewat untuk memastikan diri dan calon buah hati terjamin kesehatannya dengan mengandalkan program ini. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!