Metro Times (Magelang) Puluhan pohon dan tiang listrik tumbang akibat diterjang hujan es dan angin kencang yang melanda sejumlah Kecamatan di wilayah Magelang kota dan Magelang Kabupaten pada, Senin (28/3) lalu. Akibat peristiwa itu, beberapa kecamatan terjadi pemadaman listrik.

Dengan gerak cepat PLN UP3 Magelang, beberapa jaringan mulai kembali normal. “Alhamdulillah, kita berhasil menormalkan kembali jaringan utama PLN, pasokan listrik yang sempat putus akibat cuaca ekstrem di Kota Magelang dan Kabupaten,” terang Manager PLN UP3 Magelang, Yunarsih.

Menurutnya, cuaca ekstrem kategori musibah bencana alam (force majeure) ini menyebabkan pohon tumbang dimana-mana dan mengenai jaringan listrik sehingga berdampak pada 1732 Gardu Trafo dan 135.221 pelanggan.

“Pohon-pohon pada tumbang mengenai tiang listrik akibatnya kabel listrik putus. Selain pohon dan tiang listrik yang tumbang, seng atap rumah warga juga ikut beterbangan mengenai kabel listrik hingga putus,” kata Yunarsih.

Ia menjelaskan, untuk mengatasi gangguan tersebut pihaknya telah menerjunkan 120 personil berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Magelang & Kabupaten Magelang (BPBD, DLH, Dishub, PMI ), TNI / Polri serta mitra kerja PLN. Hingga Rabu (30/3) malam, jaringan utama listrik telah sepenuhnya bertahap normal kembali.

Disebutkan, beberapa kecamatan yang terdampak gangguan aliran listrik itu terjadi di Kecamatan Magelang Utara, Magelang Selatan, Magelang Tengah, kota Magelang. Sementara di Kabupaten Magelang terjadi di Kecamatan Secang, Windusari, Bandongan, Kaliangkrik, Salaman, Tempuran, Mertoyudan, Mungkid, Muntilan, Salam, Candimulyo dan Tegalrejo.

“Yang terdampak paling banyak di Magelang Kabupaten, ada sekitar 11 kecamatan, kalau Magelang kota semua Kecamatan kena dampak. Wilayah ini rata-rata kita lakukan pemadaman. Sampai tadi malam, Rabu(30/3), listrik sudah nyala semua, PLN selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” terang Yunarsih.

PLN juga menghimbau partisipasi dari masyarakat apabila menemukan pohon yang dekat dan berpotensi mengganggu jaringan listrik, agar dapat segera melaporkan kepada PLN sehingga tidak menyebabkan gangguan.

“Bagi pelanggan yang ingin menyampaikan pengaduan terkait dengan gangguan tersebut bisa melalui aplikasi PLN Mobile ataupun Contact Center 123,” ujarnya.

Sampai dengan peristiwa ini dipublikasikan, petugas PLN masih menindaklanjuti laporan dari masyarakat yang terdampak cuaca ekstrim tersebut. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini