Metro Times (Purworejo) Mahasiswa diminta menjadi teladan perilaku bijak di media sosial yang selalu memegang erat norma-norma yang berlaku di masyarakat. Pasalnya, dunia media sosial belakangan ini kerap ditemukan adanya konten yang mengabaikan norma sehingga memberikan dampak negatif bagi dirinya maupun orang lain. Bahkan tak jarang menjadi persoalan hukum.

Hal tersebut disampaikan Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Dinkominfostasandi) Galuh Bakti Pertiwi, S.STP, MM, pada pembukaan seminar media yang digelar oleh PC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Purworejo, di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Purworejo, Senin (17/01/2022).

Dikatakannya, di era digitalisasi dan perkembangan Teknologi Informasi (TI), kehadiran Media Sosisal (medsos) menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Medsos sangat penting untuk penyebaran informasi, selain juga untuk memudahkan komunikasi dan banyak peran penting lainnya. Sebagai pengguna medsos harus bijak membawa informasi ke tujuan yang lebih berguna dan harus mengedepankan norma-norma.

Lebih lanjut Galuh mengatakan, dalam bermedsos tidak boleh mengesampingkan budaya kita yang masih mengedepankan norma-norma. Sehingga pentingnya mahasiswa harus mulai mencontohkan dalam menggunakan medsos dengan bijak untuk kemanfaatan.

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Purworejo Satrio Tegar Imani menjelaskan, seminar media ini mengangkat tema How to maximize social media movement for change (Bagaimana cara memaksimalkan pergerakan Media sosial untuk perubahan). Seminar media bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang penggunaan media social, dan mencegah serta mengetahui cara menangkal informasi hoax. “PMII tidak menutup diri adanya perkembangan medsos, dibuktikan dengan berkembangnya media sosial di setiap komisariat di bawah naungan PMII,” jelasnya.

Seminar yang diikuti 80 peserta dari kader PMII itu, dihadiri Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PMII Purworejo KRM Maulana Alwi S.H, dan menghadirkan narasumber Ahmad Ali Adhim M.PdI.

Ahmad Ali Adhim memaparkan, bahwa dewasa ini anak kecil pun dapat mengeksplore masa bermainnya melalui media sosial. Karena itulah yang menjadi tantangan orang tua khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk menyediakan konten-konten yang ramah anak. Diharapkan, kegiatan seminar media ini, dapat dimanfaatkan seluruh anggota dan kader PMII untuk membenahi diri karena tantangan bermedia sosial semakin kompleks dan harus pandai menyaring informasi di medsos. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini