- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon )  Maluku memperoleh PENGHARGAAN “NOMINASI TPID PROVINSI BERKINERJA TERBAIK KAWASAN NUSA TENGGARA-MALUKU-PAPUA”, hal ini disampaikan oleh Pj. Gubernur Maluku pada Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Maluku tanggal 24 Juni 2024, bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 Kantor Gubernur Maluku, sebagai tindak lanjut dari hasil Rapat Kordinasi Nasional (RAKORNAS) Pengendalian Inflasi tahun 2024.

RAKORNAS Pengendalian Inflasi Tahun 2024 yang dilaksanakan pada tanggal, 14 Juni 2024 bertempat di Istana Merdeka Jakarta dipimpin langsung oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo dan dihadiri oleh Gubernur Seluruh Indonesia, Bupati/Walikota yang diundang, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Dalam Negeri, Sekretaris Kabinet, Wakil Menteri Keuangan, dan Wakil Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan dengan agenda utama adalah Pengumuman dan Pemberian Penghargaan kepada TPID Berkinerja Terbaik.

Dalam arahannya, Pj. Gubernur Maluku menyampaikan terima kasih kepada Tim TPID Provinsi Maluku dan Tim TPID Kabupaten/Kota serta stakeholder lainnya atas usaha dan strategi pengendalian inflasi yang telah dilakukan sehingga TPID Provinsi Maluku memperoleh Penghargaan sebagai “NOMINASI TPID PROVINSI BERKINERJA TERBAIK KAWASAN NUSA TENGGARA-MALUKU-PAPUA” dengan harapan agar usaha dan strategi dalam pengendalian inflasi lebih ditingkatkan lagi sehingga capaian inflasi Provinsi Maluku terkendali sesuai sasaran inflasi yang telah ditetapkan yaitu 2,5±1% (yoy) dan yang paling diutamakan adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Pj. Gubernur Maluku menyampaikan beberapa hal terkait arahan Presiden pada RAKORNAS tersebut yaitu :
– Presiden mengapresiasi kerja keras Tim Pengendalian Inflasi baik Pusat maupun Daerah dalam usaha pengendalian inflasi sehingga capaian inflasi Nasional bulan Mei berada di angka 2,84% (yoy), merupakan salah satu capain inflasi yang terbaik di dunia.
– Meski demikian, Presiden mengingatkan Pemerintah daerah untuk tetap waspada dan berhati-hati, jangan lengah dengan tantangan yang akan kita hadapi ke depan. Hal ini dikarenakan dampak dari pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang dirasakan secara langsung oleh rakyat.
– Memperkuat sinergi dan koordinası antar lembaga, Pusat dan Daerah serta upaya bersama dalam menghadapi tantangan ke depan guna
– Mendukung pengendalian inflasi. Menjaga stabilitas harga terkait tantangan global seperti cuaca ekstrim yang dapat berdampak pada produksi pangan

Sehubungan dengan arahan Bapak Presiden tersebut. Pj Gubernur Maluku menyampaikan beberapa hal yang perlu ditindaklanjuti oleh TPID Provinsi Maluku yaitu :
– Perlu melakukan koordinası dengan TPID Kabupaten/Kota dalam rangka usaha pemanfaatan lahan khususnya lahan tidur, lahan/kintal-kintal kosong agar dimanfaatkan untuk tanaman hortikultura,
– Akselerasi penerapan teknologi dalam mendukung digitalisasi pertanian sehingga dapat meningkatkan oproduksi pertanian.
– Mendorong investasi untuk meningkatkan nilai tambah produksi pertanian, Memperkuat koordinasi dan sinergitas antar TPID Kabupaten/Kota serta Pusat dalam usaha pengendalian inflasi
– Senantiasa melaksanakan strategi pengendalian inflasi 4K yaitu memastikan Ketersediaan Barang kebutuhan Pokok, Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusi dan Komunikasi yang efektif

ads

Dengan demikian kita berharap Tahun 2025, TPID Provinsi Maluku tetap menjadi TPID terbaik serta dapat memperoleh Award. Dan yang paling penting adalah TPID meningkatkan koordinasi dan Kerjasama pengendalian inflasi yang baik dengan memperhatikan strategi kebijakan serta usaha yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!