- iklan atas berita -

Metro Times (Kendal) Virus Covid-19 yang sudah menjadi pandemi global termasuk di Indonesia menjadi perhatian semua pihak. Untuk mencegah masuknya virus yang tak mengenal jabatan, usia dan dimanapun berada perlu tindakan-tindakan kongkrit dan nyata. Salah satu tindakan nyata yang dilakukan tokoh pemuda Jateng, H. Tino Indra Wardono adalah melakukan sanitasi siaga dengan penyemprotan disinfektan di lingkungan kampung dan rumah-rumah warga.

Bakal Calon Bupati Kendal periode 2020-2024, H. Tino Indra Wardono bersama timnya sebelum melakukan bhakti sosial penyemprotan disinfektan memberikan edukasi dahulu kepada warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. “Saya hadir disini (Kaliwungu dan Kendal Kota, red) ingin memastikan warga sudah melakukan upaya pencegahan-pencegahan untuk melawan virus corona belum. Saya meminta kepada mereka untuk tetap di rumah, di rumah saja jika tidak ada urusan urgen (Penting) dan meminta kepada mereka untuk menjaga kebersihan lingkungan dan rumah secara berkala,” pinta Mas Tino sapaan akrabnya saat bhakti sosial penyemprotan disinfektan di perumahan BTN Rt 03/Rw 10 Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal, Minggu (29/3).

Sambil menenteng brosur, ia menjelaskan tips menjaga kesehatan ditengah pagebluk corona. Menurutnya setidaknya ada tujuh hal harus dilakukan warga, diantaranya; 1). hindari kontak langsung dengan orang yang sedang demam dan batuk, 2). pastikan cuci tangan pakai sabun (Cairan antiseptik), 3). gunakan masker bila batuk dan merasa tidak enak badan, 4). jangan menyentuh wajah, hidung dan mulut sembarangan, 5). pola makan dengan gizi seimbang, 6). perbanyak minum air putih dan istirahat cukup dan terakhir 7). rajin berolahraga. “Tugas pemerintah dari sisi kebijakan dan himbauan. Namun kunci pengamanan untuk jaga kesehatan ya di masayarakat itu sendiri, Ayo jaga diri kita, keluarga kita dan Lingkungan kita. Bersama lawan Corona,” ajak pemuda humoris itu.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Jawa Tengah itu mendukung kebijakan pemerintah dengan sosial distanc dan localisir mandiri di rumah untuk mencegahnya atau meminimalisir meyebarnya virus corona. Dalam kesempatan kemarin, Mas Tino juga mengajari warga membuat disinfektan secara mandiri. “Mudah dan gampang kok, bahannya juga bisa dicari di toko-toko di Kendal. Dua sendok whipol, dua sendok bayclin, empat super pal, satu liter air, kasih spre,” urainya.

ads

Wakil Ketua PW GP Ansor Jawa Tengah bidang usaha ini menambahkan, saat ini Kendal memang belum zona merah, namun upaya-upaya preventif perlu dan harus terus galakkan. Edukasi dan sosialisasi harus terus dilakukan ke masyarakat, alternatif terburuk jika masuk zona merah, warga sudah tau apa yang harus dilakukan”Mudah-mudah Kendal tetap aman terbatas dari virus corona, tidak sampai zona merah,” pungkasnya.

Warga Perum BTN Rt 3/Rw 10 Kelurahan Langenharjo Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal, Basirin mengaku senang atas aksi sosial yang telah dilakukan Mas Tino bersama relawannya. “Senang sekali mas, rumah saya di semprot hingga sampai dalam, ruang tamu, hingga dapur. Dengan penyemprotan disinfektan ini, semoga terbebas dari wabah corona,” harapnya.

Ungkapan bahagia juga datang dari, Sugianto, warga Blok D28 Rt 05/Rw 09 Perumahan Kaliwungu Permai Desa Protomulyo Kaliwungu Selatan. “Maturnuwun sanget atas bantuan penyemprotan disinfektan dari Mas Tino secara gratis, saya dan warga sangat-sangat terbantu. Kita siap bersama-menjaga kebersihan lingkungan,” janjinya

Sementara itu, Ketua RW 09 Perumahan Kaliwungu Permai Desa Protomulyo, Kaliwungu Selatan, Setya Nugroho, menuturkan, ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada Mas Tino yang telah berpartisipasi membantu warga dengan penyemprotan disinfektan supaya warga tetap sehat. “Semoga  amal kebaikan mas Tino dibalas oleh Allah SWT dan senantiasa sehat. Semoga nanti saat Pilkada mendapat suara bagus untuk kebaikan bersama dan kemajuan Kota Kendal,” harapnya. (af).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!