- iklan atas berita -

METRO TIMES (Ambon ) TNI Angkatan Laut. Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mewujudkan program ketahanan pangan bidang maritim, serta memanfaatkan sumber daya manusia dan alam secara optimal. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon melaksanakan penebaran benih ikan kakap putih di keramba jaring apung yang berlokasi di Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan IX (Yonmarhanlan IX) komplek Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon. Selasa (26/04/2022)

Selain memanfaatkan potensi laut, Lantamal IX Ambon juga telah melaksanakan program ketahanan pangan yaitu dengan pembukaan lahan subur seluas 49 hektar, aset TNI AL yang berlokasi di Telaga Kodok, kecamatan Leihitu, kabupaten Maluku Tengah.

Komandan Lantamal IX Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menuturkan, “Pagi ini Lantamal IX Ambon melaksanakan kegiatan tabur benih ikan dalam rangka program ketahanan pangan dan bekerjasama dengan BPBL dan PSDKP Ambon”.

Kegiatan penebaran benih ikan kakap putih ini selaras dengan instruksi dan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, salah satunya yaitu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara serta keberadaan TNI AL dimanapun berada harus bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Doortje A. Horhoruw perwakilan UPT BPBL Kementerian Kelautan dan Perikanan Ambon menambahkan bahwa, “Kami dari BPBL Ambon pada prinsipnya siap mendukung kegiatan dari Lantamal IX untuk melaksanakan program ketahanan pangan ini, karena tugas dan tanggungjawab kami adalah produksi benih untuk memenuhi permintaan dari pembudidaya yang ada di Provinsi Maluku”.

ads

“Harapan ke depannya nanti, kegiatan ketahanan pangan yang menjadi program dari Staf Potmar Lantamal IX dapat lebih maju dan berkesinambungan sehingga program ketahanan pangan ini dapat menjadi ikon dari Lantamal IX”, tambah Danlantamal.

Oleh karena itu, TNI AL dalam hal ini Lantamal IX Ambon hadir untuk memanfaatkan potensi maritim yang ada dengan cara membudidayakan ikan dengan penebaran benih ikan kakap putih sebanyak 2.000 ekor di keramba jaring apung tersebut.

Harapan ke depan, kegiatan ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Lantamal IX Ambon dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi Prajurit TNI Angkatan Laut khususnya Lantamal IX, namun juga bisa memberikan manfaat untuk masyarakat di sekitar wilayah kerja Lantamal IX Ambon.

Turut hadir dalam kegiatan, Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa, S.E., M. Tr. Opsla., Pejabat Utama (PJU) Lantamal IX, Dansatrol Lantamal IX, Danyonmarhanlan IX Ambon, Kasatker Lantamal IX, Ketua Korcab IX DJA III Ny. Widiya Said Latuconsina beserta pengurus Korcab IX DJA III, Kepala PSDKP Ambon Mubarak, S. St.Pi., perwakilan UPT BPBL Kementerian Kelautan dan Perikanan Doortje A. Horhoruw, perwakilan dari Dinas Perikanan kota Ambon.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!