- iklan atas berita -

Metro Times (Wonosobo) BPJS Kesehatan Cabang Kebumen menjalin sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Wonosobo melalui penandatanganan nota kesepakatan tentang optimalisasi pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Pendopo Bupati Wonosobo (18/07).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen, Titus Sri Hardianto, menuturkan upaya ini dilakukan demi mendongkrak capaian kepesertaan Program JKN, khususnya di wilayah Kabupaten Wonosobo. Ia menjelaskan saat ini capaian kepesertaan di Kabupaten Wonosobo mencapai 80,66% dari total 909 ribu jiwa penduduknya, yang artinya masih terdapat 175 ribu penduduk Kabupaten Wonosobo yang belum terdaftar Program JKN.

Melalui kesepakatan ini BPJS Kesehatan Cabang Kebumen bersama Pemerintah Kabupeten Wonosobo akan mengawal jalannya program ini dan mengoptimalkan upaya-upaya untuk mewujudkan universal health coverage di wilayah Kabupaten Wonosobo.

“Nota kesepakatan ini mengatur langkah strategis bagi kedua belah pihak dalam mengoptimalkan Program JKN. Diantaranya peningkatan cakupan kepesertaan Program JKN di Kabupaten Wonosobo yang meliputi Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan Peserta Non Penerima Bantuan Iuran (Non PBI). Kemudian peningkatan kepatuhan dan kesadaran penduduk Kabupaten Wonosobo terhadap kewajiban implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional,”kata Titus.

Selain itu integrasi sistem dan prosedur pelayanan publik Program JKN dan optimalisasi pelayanan kesehatan bagi peserta Program JKN yang meliputi aspek promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif serta digitalisasi (bridging system) di layanan fasilitas kesehatan.

ads

Ia menambahkan dalam pelaksanaannya sinergi ini juga ditujukan untuk meningkatkan kegiatan sosialisasi, pencegahan dan tindak lanjut kecurangan dalam Program JKN yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Titus berharap hubungan kemitraan yang telah terjalin dengan baik ini bisa terus ditingkatkan. Menurutnya dukungan dan peran serta stakeholder dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Wonosobo sangat penting guna mewujudkan jaminan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat.

Sementara itu Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, menyampaikan Program JKN merupakan program yang sangat dibutuhkan masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu. Pihaknya memastikan akan berupaya mendorong Program JKN agar bisa berjalan dengan optimal.

“Kami harap seluruh masyarakat Kabupaten Wonosobo bisa segera ter-cover Program JKN. Dalam upayanya, kami berkomitmen meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak guna pengoptimalan Program JKN,” ujar Afif. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!