- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – Pemerintah Provinsi bersama Polda Jatim mengajak masyarakat hidup sehat melalui pemberian edukasi tata cara cuci tangan secara baik dan benar. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk gerakan Jatim Sehat yang digelar Minggu (8/3) pagi.

Sebanyak enam ribu masyarakat dipastikan akan mengikuti jalan santai bertema “Jatim Sehat” melawan virus corona di area Care Free Day dari Taman Bungkul hingga Perempatan Jalan Polisi Istimewa Surabaya (Monumen Polisi Istimewa) dan akan dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak bersama unsur Forkopimda Jatim, Kapolda Jatim bersama jajaran, serta Pangdam V Brawijaya bersama jajaran.

Kegiatan ini serentak juga akan diikuti oleh kabupaten/kota se Jatim seperti Mojokerto Sehat dan Jombang Sehat. Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi ke masyarakat tentang perlunya perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) dengan cuci tangan secara baik dan benar guna meningkatkan daya tubuh.

ads

Kepala Dinas Kominfo Jatim, Benny Sampirwanto di Surabaya, Sabtu (7/3) mengatakan, maksud dan tujuan #jatimsehat adalah mengajak masyarakat hidup bersih dan sehat dengan melakukan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, makan dengan makanan bergizi dan sehat dan melakukan olah raga dan aktivitas fisik untuk meningkatkan kebugaran. Dengan kegiatan cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, akan menekan/mengurangi infeksi/penularan penyakit, salah satunya yang saat ini sedang berkembang yakni virus corona (Covid 19). “Harapan kami, masyarakat agar menjaga kesehatan dan tetap menjaga pola hidup sehat seperti pola makan sayur, buah dan yang lainnya,” ungkap Benny.

Melalui kegiatan ini, Pemprov Jatim berharap kepada seluruh masyarakat menerapkan pola hidup sehat. Edukasi dan sosialisasi oleh Pemprov Jatim bersama Forkopimda Jatim dilakukan untuk memberikan pemahaman bahwa virus corona bukanlah hal yang ditakuti dan tidak perlu dibuat panik. Asalkan membiasakan pola hidup bersih dan senantiasa menjaga kesehatan serta mengkonsumsi makan yang sehat, maka tidak akan ada virus corona di dalam tubuh.

Pada kegiatan #JatimSehat dilakukan dengan menggelar long march dari patung Suro dan Boyo di depan Kebun Binatang Surabaya melintasi Raya Darmo hingga Monumen Polri di Jalan Polisi Istimewa.

Pada acara jalan santai Jatim Sehat, masyarakat yang hadir dengan dipandu tim medis dari rumah sakit yang tersebar di banyak tenda, akan diajak bersosialisasi tata cara mencuci tangan yang baik dan benar, strategi hidup tenang dan sehat, serta trik menghadapi isu penyebaran corona.

Dalam kegiatan ini juga akan ada kegiatan senam bersama, cuci tangan bersama dan pemeriksaan kesehatan sederhana oleh 9 RS dan IDI. Pemberi penyuluh Dr Darsono dr.SpP (k) ketua pinere (penyakit infeksi emerging dan reemerging) RS Dr Soetomo, dan Dr Resty Yudhawati Sp P ahli paru konsultan infeksi RS dr soetomo. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!