- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pesan bagi masyarakat yang ingin mencari pekerjaan diminta berhati-hati, pastikan mencari pekerjaan melalui jalur yang resmi yakni di Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo. Karena saat ini juga banyak tindak kejahatan yang menyasar para pencari kerja.

Hal itu disampaikan Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM dalam acara Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Purworejo, Kamis (31/03/2022). Hadir mendampingi bupati diantaranya Kepala Dinperintransnaker Ir Hadi Pranoto, Kabag Prokopim Rita Purnama SSTP MM serta unsur terkait lainya.

Menurut Bupati, Pemerintah Kabupaten Purworejo menilai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai upaya strategis untuk membekali tenaga kerja kita dalam penguasaan ketrampilan. Sehingga dapat digunakan untuk mencari nafkah melalui bekerja di industri atau perusahaan, atau membuka usaha sendiri sebagai wira usaha mandiri.

Untuk itu pemerintah berupaya untuk menjalankan program – program ketenagakerjaan yang tentunya disesuaikan dengan kekuatan anggaran, dan dukungan dari pusat melalui dana APBN mitra BLK Surakarta, berdampingan dengan APBD Kabupaten Purworejo.

“Saya berharap, para peserta yang sudah lulus ini tidak hanya berprofesi sebagai pekerja saja namun saya berharap dapat menjadi wiraswasta. Kalaupun memang ingin menjadi pekerja, harapan saya nantinya lowongan kerja di Purworejo ini dapat didominasi oleh putra putri terbaik Purworejo. Saya juga meminta kedepan BLK membuka pelatihan bidang perhotelan dan pariwisata yang nantinya dapat mendukung geliat pariwisata di Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.

ads

Sementara itu Ir Hadi Pranoto menjelaskan bahwa setelah pelatihan ini diharapkan skil dan kompetensinya dapat bersaing di pasar kerja, sehingga seluruhnya dapat terserap dan akan mengurangi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Purworejo. Dikatakan, dari 96 siswa yang mengikuti pelatihan, setelah menjalani ujian semuanya dinyatakan lulus.

“Beberapa bidang pelatihan antara lain bidang pelatihan administrasi perkantoran, pelatihan telepon seluler dan perangkat keras, pelatihan desain grafis, pelatihan menjahit pakaian dengan mesin, pelatihan juru gambar, serta pemeliharaan sepeda motor injeksi,” pungkasnya. (Adv/22)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!