- iklan atas berita -

Metro Times (Cirebon) Dewan Pendidikan Kota Semarang (DPKS) memperkuat jejaring antar dewan pendidikan dengan melakukan kunjungan balasan kepada Dewan Pendidikan Kota Cirebon (DPKC), Jawa Barat. Kekuatan jejaring dewan pendidikan ini diharapkan dapat memacu peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di kota Semarang.
“Penguatan jejaring antar sesama institusi dewan pendidikan saat ini menjadi sebuah keharusan seiring dengan kian besarnya tantangan yang dihadapi masyarakat pendidikan, khususnya di kota Semarang,” kata Budiyanto saat memimpin kunjungan balasan pengurus DPKS di kantor sekretariat DPKC, Jawa Barat, Rabu (14/9/2022).

Menurut Budiyanto, kerjasama antar dewan pendidikan sangat dibutuhkan untuk saling memotivasi agar mutu dan kualitas pendidikan bisa terus meningkat. Sebab, dewan pendidikan merupakan institusi representasi masyarakat dalam bermitra dengan kepala daerah dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di daerahnya masing-masing.

Budiyanto lantas menuturkan, salah satu upaya peningkatan mutu dan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui kerja sama dan tukar pengalaman dalam menghadapi berbagai macam problem pendidikan di daerah masing-masing.
“Meski persoalan antar daerah berbeda namun jalinan komunikasi, interaksi dan relasi yang positif sangat dibutuhkan agar terbangun suasana saling membantu dan mendukung,” terangnya.

Budiyanto melanjutkan, Dewan Pendidikan Kota Semarang menilai kinerja Dewan Pendidikan Kota Cirebon sangat bagus dan layak dicontoh, terutama dalam berelasi dengan Pemda, masyarakat dan sejumlah pihak swasta yang memiliki kepedulian dalam berpartisipasi meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

ads

Paska kunjungan balasan, lanjut Budiyanto, Dewan Pendidikan Kota Semarang akan langsung melangkah dan berupaya mencari terobosan-terobosan sebagaimana yang dilakukan Dewan Pendidikan Kota Cirebon dalam berkontribusi memajukan pendidikan di Cirebon.
“Selain bersilaturahmi ke Dewan Pendidikan Kota Cirebon, kami juga mengunjungi SMP Negeri 5 Cirebon, salah satu satuan pendidikan (Satpen) yang berhasil mengembangkan berbagai kreasi dan inovasi pendidikan di tengah besarnya tantangan yang dihadapi,” urainya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pendidikan Kota Cirebon, Drs. Hedyana Yusuf, MM mengucapkan terima kasih atas kunjungan balasan Dewan Pendidikan Kota Semarang Jawa Tengah ke Cirebon. Menurutnya, selain mempererat silaturahim, kunjungan balasan ini juga membawa manfaat besar bagi masyarakat pendidikan bagi kedua daerah tersebut.
“Beberapa tahun lalu kami bersilaturahim ke Dewan Pendidikan Kota Semarang Jawa Tengah, kami sampaikan terima kasih karena hari ini kami dikunjungi pengurus Dewan Pendidikan Kota Semarang,” ujarnya.

Agenda silaturahmi Dewan Pendidikan Kota Semarang Jateng dengan Dewan Pendidikan Kota Cirebon Jabar diakhiri dengan tukar cinderamata kedua pihak. (af)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!