- iklan atas berita -

METRO TIMES [Papua] – Masyarakat di Perbatasan Indonesia-Papua New Guinea persembahkan tarian adat bagi personel Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC Pos Kout Kalipay, Distrik Waris Kab. Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti Letkol Inf Dwi Widodo, S.H., M.Han dalam release tertulisnya di Kabupaten Keerom. Rabu (19/10/2022).

Di akhir pelaksanaan tugasnya sebagai Satgas pengamanan perbatasan antara Indonesia-Papua New Guinea, personel Pos Kout Satgas Yonif 126/KC mendapat kejutan dari masyarakat Disrik Waris Kab. Keerom yang menggelar persembahan tarian adat Papua. Tarian adat tersebut dipersembahkan sebagai bentuk penghormatan dan wujud kebersamaan antara prajurit TNI dengan masyarakat di perbatasan yang selama ini terjalin.

Personel Satgas Yonif 126/KC Pos Kout Kalipay selama kurang lebih 11 bulan telah hidup berdampingan dengan masyarakat di perbatasan dan telah meninggalkan kesan yang begitu baik dan mendalam bagi masyarakat. Kehadiran personel Satgas Yonif 126/KC sejak awal Desember 2021 disambut baik oleh masyarakat dan selama bertugas di perbatasan, personel Satgas banyak membantu kesulitan masyarakat dan berperan secara aktif maupun partisipatif dalam pemberdayaan wilayah di delapan kampung sedistrik Waris, Kab. Keerom.

Kepala Suku Pund Bapak Daniel Amo sebagai tetua adat mengatakan bahwa dirinya mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih kepada Wakil Komandan Satgas beserta anggotanya yang telah banyak membantu masyarakat selama melaksanakan tugas di Papua dan bersyukur bahwa selama personel Satgas dari Yonif 126/KC bertugas di Distrik Waris, keamanan terjamin dan tidak pernah ada sekalipun gesekan antara masyarakat dengan TNI. “Saya senang bapak-bapak TNI telah banyak membantu masyarakat dan dapat kembali dengan aman kepada keluarga, itu yang saya harapkan dari bapak-bapak TNI dapat kembali dengan selamat” ujarnya.

ads

Tarian adat yang diarak oleh sejumlah masyarakat dari kediaman bapak Yossef, Kepala suku Klen disambut oleh Wadan Satgas Mayor Inf Wahidin Sobar, S.sos. dengan personel lainnya. Masyarakat dari berbagai elemen dan instansi turut hadir seperti petugas Distrik Waris, Puskesmas, Koramil, Polsek berbondong-bondong datang ke Pos untuk mengantar personel Satgas yang tidak lama lagi akan meninggalkan Pos untuk digantikan oleh Satgas lain dari Yonif 132/Bima Sakti yang sama-sama berasal dari wilayah Sumatera.

Pada kesempatan yang sama Kepala Suku Daniel Amo memberikan kenang-kenangan berupa Ikat Kepala, Noken dan Kalung yang menjadi ciri khas adat masyarakat Papua kepada Wadan Satgas Yonif 126/KC sebagai yang tertua pada acara tersebut. Tak hanya itu Daniel Amo juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Satgas Yonif 126/KC yang sudah banyak membantu masyarakatnya. “kami tidak punya apa-apa untuk membalas kebaikan personel Pos Kalipay hanya berdoa agar seluruh personel satgas Yonif 126/KC kembali dengan selamat dan bertemu dengan anak dan istrinya di Medan sana”. Ujarnya.

Autentikasi : Pen Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 126/KC)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!