- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Sejumlah wartawan yang tergabung dalam Paguyuban PEWARTA Purworejo menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023. Kegiatan diawali dengan bakti sosial berupa penebaran bibit ikan dan pemberian santunan kepada anak yatim piatu dan duafa pada, Jumat (3/1). Ada 1000 bibit ikan ditebar di Desa Kaliwatubumi, Kecamatan Butuh, dan 30 paket sembako dari Alfamart Purworejo, dibagikan kepada sejumlah anak yatim piatu dan duafa yang ada di Kecamatan Loano, Kaligesing, serta Purworejo.

Ketua Panitia HPN, Yudia Setiandini mengatakan bahwa para wartawan yang tergabung dalam paguyuban Pewarta Purworejo mengawali rangkaian HPN dengan bakti sosial. “Kegiatan diawali dengan tebar bibit ikan melem di Desa Kaliwatubumi pada pagi hari, kemudian siang hingga sore dilakukan pemberian santunan,” kata Yudia pada sela kegiatan.

Selain tebar benih ikan, ada sebanyak 30 paket sembako yang akan dibagikan kepada warga sekitar Balai Wartawan Purworejo, anak yatim piatu di Panti Asuhan Yatim Dhuafa Muhammadiyah Kaligesing, serta warga di Kecamatan Loano. Paket sembako tersebut merupakan hasil kerjasama Pewarta dan Alfamart yang lama terjalin dengan baik.

Hal senada juga disampaikan oleh Corporate Communication Alfamart, Eko Mujianto. Dirinya mengaku senang bisa ikut melakukan kegiatan bersama Pewarta Purworejo. Dirinya berharap kegiatan itu bisa dilakukan secara rutin setiap tahun untuk bisa membantu masyarakat yang membutuhkan.

ads

“Semoga bantuan dari Alfamart bersama Pewarta Purworejo dapat bermanfaat untuk warga yang membutuhkan” kata Eko Mujianto selaku Corporate Communication Alfamart usai pemberian santunan.

Sedangkan untuk acara tebar benih ikan dilakukan di Sungai Dlangu, Desa Kaliwatubumi. Dalam tebar benih ikan ini hadir Kepala Dinkominfostasandi, Yudhie Agung Prihatno, Kepala Dinas LHP, Wiyoto Harjono, Kepala Desa Kaliwatubumi, Sujatmiko, perwakilan Bank Jateng Purworejo, Ketua Pewarta Jarot Sarwosambodo, sejumlah wartawan, serta tamu undangan lainnya.

Dalam momen itu, Yudhie memaparkan rangkaian kegiatan Hari Jadi ke-192 Purworejo yang bertujuan selain untuk branding juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat. “Sebab dimana ada kerumunan orang banyak, di situ pasti ada kegiatan jual beli yang melibatkan banyak pelaku UMKM,” jelasnya.

Selain mengapresiasi kegiatan yang dilakukan , kepada wartawan yang tergabung dalam Pewarta Purworejo Yudhi pun berpesan agar menyajikan berita yang menyejukkan. Menurutnya good news is good news sehingga jangan alergi dengan informasi yang bernilai positif.

“Monggo teman-teman wartawan agar  memberitakan tentang Purworejo. Kalau ada yang masih kurang dilengkapi,” pesannya.

Kades Sujatmiko pun menyambut gembira kegiatan tebar benih ikan yang dilakuan di desanya, mengingat Sungai Dlangu sering dijadikan area memancing tidak hanya bagi warga sekitar tapi juga dari desa lainnya. Itulah sebabnya dirinya berencana akan mengadakan Lomba Mancing pada bulan Agustus mendatang.

“Ini merupakan wujud nyata dari temen- temen pers, ada kepedulian ke bawah. Bibit ikan dan beras telah kami terima, dan sekali lagi kami sampaikan terimakasih,” katanya.

Sementara Kadinas LHP pun juga ikut mengapresiasi kegiatan peduli lingkungan ini. Menurutnya ikan di alam bebas semakin lama semakin berkurang. “Iniasiasi dari temen-temen pers ini bisa menjadi salah satu upaya kita untuk menjaga kelestarian alam kita.  Ikan- ikan ini pun bisa dipanen dan bisa meningkatkan perekonomian di masyarakat,” harapnya. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!