- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon) TNI Angkatan Laut. Komandan Lantamal IX Brigjend TNI (Mar) Said Latuconsina , M.M., M.T., yang diwakilki oleh Wadan Lantamal IX Kolonel Laut (P) Eka Prabawa S.E., M. Tr. Opsla menghadiri upacara hari kebangkitan nasional sebagai inspektur upacara.Dengan PDL TNI AL bersenjata,berdiri dengan gagahnya para pasukan Lantamal IX Ambon yang mengikuti upacara Hari Kebangkitan Nasional yang bertempat di lapangan apel Mako Lantamal IX Ambon,Maluku.

Jumat(20 Mei 2022)

Dalam sambutannya Brigjen TNI (mar) Said Latuconsina, M.M., M.T. yang diwakili Kolonel Laut (P) Eka Prabawa SE MTR.opsla menyampaikan bahwa “Dengan adanya hari kebangkitan nasional ini mari kita bersinergi menjadikan perekonomian indonesia lebih maju” Tutur wadan.

Hari Kebangkitan Nasional atau dikenal dengan Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya Organisasi Boedi Oetomo yang berdiri pada tahun 1908. Namun, harkitnas tidak lantas ditetapkan pada tahun tersebut, melainkan ditetapkan pada tahun 1948 atau dua puluh tahun setelahnya oleh Soekarno.(Dispen lantamal IX )

Latar belakang penetapan Hari Kebangkitan Nasional adalah bangsa Indonesia butuh pemersatu pada masa awal kemerdekaan. Bung Karno menilai berdirinya organisasi Boedi Oetomo sebagai awal dari kebangkitan bangsa Indonesia melawan para penjajah. Walaupun organisasi ini masih bersifat kedaerahan awalnya, tetapi mekanisme dalam pemilihan ketua dalam organisasi ini cukup berbeda.

ads

Turut hadir para PJU dan Kasatker lantamal IX diantaranya,Kakuwil Lantamal IX, Kadisfaslan Lantamal IX, Paban ren slog, Pabandya sismet srena Lantamal IX.Protokol kesehatan tetap diterapkan dalam upacara ini,meskipun pandemi covid-19 sudah menjadi masa endemi pada saat ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!