- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Progres Pembangunan Bendungan Bener di Kabupaten Purworejo saat ini sudah mencapai 49 persen. Selain Purworejo, kehadiran bendungan tersebut digadang-gadang akan turut mencukupi kebutuhan air di Kabupaten Kebumen Jawa Tengah serta Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pejabat Sementara Bupati Purworejo Endi Faiz Efendi bersama sejumlah pejabat terkait pada Selasa (15/10) melaksanakan kunjungan kerja ke PSN Bendungan Bener. Bertempat di aula PT Brantas Abipraya, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Gatut Bayuadji menyampaikan pemapatan terkait perkembangan pembangunan Bendungan Bener.

Selain mendengar pemaparan pada kesempatan itu, Pjs Bupati juga melihat langsung proses blasting atau peledakan batu dibeberapa sektor bendungan.

Gatut Bayuadji menjelaskan, Bendungan Bener progres pembangunan proyek strategis nasional tersebut saat ini sudah mencapai 49 persen. Selain Purworejo Bendungan Bener kedepan diproyeksikan dapat mencukupi kebutuhan air di Kebumen serta Kulonprogo.

Purworejo akan memperoleh jatah sebesar 508 meter kubik/detik, Kebumen 300 meter kubik/detik dan Kulon Progo 700 meter kubik/detik.

ads

“Untuk Kulon Progo dalam rangka program menunjang perkembangan kontrak Eco City,” jelasnya.

Pjs Bupati pada kesempatan itu mengatakan pembangunan Bendungan Bener membutuhkan effort atau upaya luar biasa dan koordinasi berkelanjutan antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten Purworejo.

“Beberapa waktu lalu saya didatangi Dirjen Serealia Kementerian Pertanian. Kita diminta untuk meningkatkan luas lahan tanam mengingat Purworejo merupakan daerah penyangga pangan. Untuk mewujudkan hal itu ketersediaan air masih menjadi kendala utama,” ujarnya.

Menurutnya, Purworejo dan daerah sekitar benar-benar membutuhkan Bendungan Bener. Ia berharap pembangunan proyek tersebut bisa selesai tepat waktu.

”Harapannya dengan adanya Bendungan Bener kita bisa mengatur volume air pada waktu musim hujan, kita tampung dan saat musim kemarau kita manfaatkan. Semoga dengan progres yang sudah 49 persen ini, bendungan dapat selesai tepat waktu dan tepat guna,” demikian kata Faiz.(tyb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!