- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Pemerintah Provinsi Jawa Temgah pada tahun 2024 mengucurkan bantuan keuangan untuk Kabupaten Purworejo sebesar Rp68,8 miliar. Bantuan itu diperuntukan pada sejumlah bidang dari rehabilitasi jalan hingga bantuan rumah dan sektor pertanian.

“Bantuan provinsi sudah dilakukan rutin setiap tahun. Masalah jumlah, kami tentu melihat PAD juga situasi kabupaten/kota. Tahun ini kami berikan Rp68,8 miliar untuk Purworejo. Ini juga tentu menyesuaikan situasi keuangan provinsi,” kata Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana di Purworejo, Senin (26/2/2024).

Sudjana merinci, untuk sarana prasarana jalan Pemprov memberikan alokasi sebesar Rp19,5 m untuk Purworejo. Dalam kunjungan ke Purworejo ini, bantuan itu diserahkan secara simbolik melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

Selanjutnya, untuk peningkatan sarana prasarana desa Pemprov membantu sebanyak Rp24,9 miliar. Untuk Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) 2024 Pemrov Jateng mengalokasikan sebesar Rp750 juta serta penanggulangan masalah gizi Pemprov membantu sebesar Rp2,6 miliar untuk Purworejo.

ads

Untuk pemerintah desa Pemprov juga mengalokasikan anggaran pada program bantuan perbaikan rumah tidak layak huni (RTLH) sebesar Rp13,6 miliar. Anggaran tersebut diproyeksikan untuk 681 unit RTLH.

Ada pula Bansos penyaluran bantuan stimulan pembangunan rumah akibat program pemerintah sebesar Rp1,16 miliar untuk 29 unit. Untuk kelompok usaha bersama atau KUBE Pemprov menyiapkan Rp1,2 miliar di Purworejo.

Berikutnya untuk program Kartu Jawa Tengah Sejahtera (KJS) pemprov menyiapkan sebesar Rp2,1 miliar bagi 495 penerima manfaat di Purworejo. Tahun ini Pemprov juga akan merealisasikan bantuan Sistem Penyaluran Air Minum (SPAM) di Purworejo senilai Rp2miliar.

“Bantuan program SPAM akan dilaksanakan di Desa Dilem Kemiri, Desa Kalitengkek Kecamatan Gebang, Desa Puspo Kecamatan Bruno serta Desa Limbangan Kecamatan Bener,” sebut Sudjana lagi.

Selain ini ada pula bantuan-bantuan lain yang dilaksanakan Pemprov Jateng untuk Purworejo tahun ini. Antara lain bantuan benih padi, jagung, kacang hijau, bantuan sambungan listik gratis serta bantuan pembiatan biogas bagi kelompok tani di Purworejo.

Sudjana berharap bantuan tersebut dimanfaatkan secara baik agar benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.(dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!