- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) – PT Kereta Api Indonesia daerah operasional 8 Surabaya juga berpartisipasi dalam mencegah penyebaran virus Covid-19.

Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, Senin (30/3) mengatakan, adapun upaya yang telah dilakukan diantaranya pemasangan spanduk dan banner di stasiun-stasiun, seputar himbauan tata cara penanganan pencegahan penyebaran virus Covid – 19.

Selain itu juga melakukan sosialisasi kepada eksterenal KAI tentang tata cara penanganan pencegahan penyebaran Covid – 19, dengan berbagai kegiatan persuasif dan interaktif seperti pembagian brosur dan masker dengan manusia robot di ruang tunggu penumpang, kegiatan mengoperasikan Kereta Khusus Kesehatan (Rail Clinic) dalam kegiatan sosialisasinya, dan pemutaran video tentang virus Corona di stasiun dan kereta.

“Kami juga melakukan publikasi melalui Media massa mainstream dan Medsos seputar tata cara penanganan pencegahan penyebaran Covid – 19,” katanya.

ads

Dikatakannya, PT KAI juga menyediakan Hand sanitizer di pintu masuk penumpang (boarding), tempat strategis stasiun lainnya dan area kantor PT KAI Daop 8 Surabaya. Penambahan wastafel di stasiun dan tempat istirahat crew KA. Penyediaan alat pendekteksi suhu badan berupa Thermal gun di pintu masuk penumpang (boarding). Melakukan pencucian dan pembersihan dengan menggunakan desinfektan di kereta, stasiun dan ruang kantor.

Sementara di 4 titik stasiun pemberangkatan awal KA di wilayah Daop 8 Surabaya seperti Stasiun Gubeng, Stasiun Semut, Stasiun Pasar Turi dan Stasiun Malang disiapkan posko kesehatan yang beroperasi 24 jam. “Kami juga memberlakukan aturan pelarangan naik bagi penumpang KA yang terdeteksi suhu badan 38 derajat atau lebih. Dimana pihak PT KAI akan mengembalikan bea tiket diluar bea pesan, termasuk bagi pengantarnya,” tambahnya.

Ditambahkannya, pembentukan Tim Satgas dan SOP protokoler penanganan pencegahan penyebaran Covid – 19 di Management PT KAI Daop 8 Surabaya dan Kantor Pusat PT KAI. PT KAI Daop 8 Surabaya memberlakukan aturan “Social Distancing” di area stasiun. PT KAI Daop 8 Surabaya bekerja sama dengan Pemda dalam penyediaan Bilik sterilisasi di stasiun.

“Kami berharap agar masyarakat Jawa Timur mematuhi semua arahan dari Pemerintah dalam hal penanganan pencegahan penyebaran Covid–19 ini. Tetap tinggal dan beraktifitas di rumah, serta menghindari dari kerumunan dengan menjaga jarak minimal 1 meter. Bagi masyarakat yang ingin memesan, membatalkan atau merubah jadwal tiket KA agar menggunakan fasilitas layanan online tiket di aplikasi KAI ACCESS agar tidak perlu ke luar rumah,” kata Suprapto. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!