- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Rapat koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) berlangsung di Convention Hall Maluku City Mall, Ambon, Maluku pada hari Selasa, 09 Januari 2024.

Rakor Forkopimda diperluas dengan menghadirkan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) dan Badan Pengawasan Pemilu ( Bawaslu ) Kota Ambon serta Forkopimcam, para lurah/ kepala desa /kepala pemerintah negeri /BPD, Babinsa /Bhabhinkamtibmas dan ketua RT/RW se-kota Ambon.

Dalam Rakor tersebut ada beberapa pemateri selain dari Pj. Walikota Ambon Rakor yang dipimpin oleh Sekertaris Kota Ambon, Bpk. Agus Ririmase , ini juga dihadiri oleh Pimpinan Kejaksaan Tinggi Negeri Ambon menjelaskan peran kejaksaan Negeri Ambon dalam mendukung pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024 ini dengan menggunakan UU sebagai legal standing sebagai dasar hukum yang sah, Dandim Kota Ambon membahas evaluasi penanganan Khamtibmas yang sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya dan TNI akan tetap bersikap netral terhadap parpol-parpol yang ada, Kapolresta yang diwakili Kabag Ops menjelaskan tentang berbagai bantuan kepada pemerintah dan keamanan masyarakat operasi yang dilakukan untuk kesiapan menjelang pemilu mulai dari operasi antik operasi patuh, operasi zebra dan operasi pekat (penertiban masyarakat) mengingat kejahatan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Terkait kesiapan pesta demokrasi pada tanggal 14 Febuari 2024 telah disiapkan kurang lebih 700 personil untuk keamanan di seluruh kota, Ketua Pengadilan Negeri Kota Ambon menjelaskan beberapa dasar hukum yang dipakai untuk penegakan hukum dan tindak pidana menyangkut Pemilu dan Pemilukada tahun 2024 ini, Ketua DPRD Kota Ambon memaparkan peran dan fungsi DPRD dalam menyukseskan Pemilu 2024 ada 3 yaitu penganggaran, pengawasan dan legislasi. Pemkot dan DPRD telah menyiapkan anggaran 3,5 Miliar lebih dengan himbauan kepada masyarakat agar menghindari politik praktis dan politik identitas bahkan money politik, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga memberikan materi terkait kelancaran dan Kamtibmas pemilu yang akan berlangsung pada 940 TPS di seluruh titik di Kota Ambon. Disampaikan juga batas verifikasi Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) peserta partai pemilu pada tgl. 12 Januari 2024 dengan konsekuensi peserta pemilu akan gugur pada satu wilayah pemilihan. Kesiapan logistik mulai dari sortir sampai pelipatan surat suara sudah dilaksanakan hingga saat ini. Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kota Ambon diwakili oleh Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kota Ambon dalam rakor ini juga mengemukakan indeks kerawanan pemilu kali ini dari pengalaman sebelumya, maka ada 4 isu krusial pemilu yakni money politik, politik identitas, netralitas ASN dan logistik pemilu ini.

Di akhir dari rakor hari ini ditutup oleh arahan umum dari Pj. Walikota Ambon, yang menyampaikan penegasan bahwa Pemda akan memberikan bantuan dan fasilitas pemilu dan pemilukada 2024 bahkan sarana dan prasarana dengan harapan besar agar dapat benar-benar menjaga netralitas ASN. Harapan beliau kepada seluruh aparatur penyelenggara negara untuk bisa secara maksima mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam pemilu tanpa ada yang golput agar dapat meningkatkan jumlah tingkat partisipasi pemilih lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, kelancaran transportasi logistik yang mudah terjangkau, pemantauan kelancaran pelaksanaan penyelenggaraan pemilu yang dilakukan oleh semua pihak pemerintah kota dengan baik, juga seluruh ASN tidak boleh menjadi anggota dan pengurus partai politik atau akan diberhentikan dengan tidak hormat. Dalam kesempatan ini juga beliau menghimbau pemerintah negeri untuk mendukung program tim penggerak PKK Kota Ambon dalam pencegahan dan penurunan angka stunting dengan mengalokasikan ADD ( Anggaran Dana Desa ), menyiapkan kurang lebih satu Posyandu di setiap desa yang memenuhi standar kesehatan, buat satu sanggar di satu negeri/lurah serta masalah inflasi harus dikendalikan juga masalah sampah menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat agar Kota Ambon tetap bersih. ( Ina T. )

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!