- iklan atas berita -

 

MetroTimes (Surabaya) — Sebagai bagian dari Delegasi TNI AL, Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Wadan Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, mewakili Panglima Komando Armada II Laksamana Muda TNI Dr. T.S.N.B. Hutabarat, M.M.S., resmi membuka Latihan Bersama Cooperation Afloat Readiness And Training (CARAT) 2022 dalam upacara pembukaan yang digelar di Auditorium Puslatkaprang Komando Latihan Koarmada II, Rabu (7/12).

Menandai dimulainya Latihan Bilateral antara Angkatan Laut Indonesia dengan Amerika Serikat ini, delegasi AS melalui RADM Joaquin J.Martinez de Pinillos, Commander US.7th Fleet memberikan cenderamata berupa plakat kepada Laksda TNI Rachmad Jayadi.

Hal tersebut disaksikan oleh seluruh hadirin, dimana turut hadir Kaskoarmada II Laksma TNI Andi Abdul Aziz dan Pejabat Utama Koarmada II, Wagub AAL Brigjen TNI Marinir Edy Prakoso, Danlantamal V Laksma TNI Supardi, Danpuskopaska Laksma TNI Yudi Bramantyo Nursasongko, serta Kolonel Laut (P) Sumarji Bimoaji sebagai Commander Task Group (CTG) Latma CARAT 2022. Sementara dari Delegasi AS ikut hadir Konsul Jenderal AS untuk Surabaya Jonathan Alan, dan Commander of Marine Forces Special Operations Command Major General Matthew G. Trollinger.

Pangkoarmada II dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Laksda TNI Rachmad Jayadi, mengapresiasi kepada anggota kedua delegasi yang berupaya mengikuti latihan ini disela jadwal yang padat, serta situasi pandemi Covid-19 yang belum usai.

Lebih lanjut menurut Pangkoarmada II, Angkatan Laut Indonesia dan Amerika Serikat selama ini telah berhasil mempertahankan dan meningkatkan hubungan bilateral yang kuat selama beberapa dekade. Banyak pertemuan dan latihan yang telah dilakukan antara TNI AL dan US Navy yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan kerjasama di bidang strategis.

β€œMeskipun dalam setiap latihan pasti menghadapi hambatan, namun Para Perwira kita telah berhasil mengelola dan membuat hasil yang positif untuk meningkatkan rasa saling percaya satu sama lain. Saya berharap Latma CARAT 2022 akan mencapai tujuannya melalui pengembangan prosedur kerjasama, skenario latihan bersama, dan manuver lapangan. Sehingga meningkatkan interoperabilitas dan kemampuan teknis dan taktis tempur peperangan laut antar kedua Angkatan Laut,” ujar Laksda TNI Rachmad Jayadi mengutip sambutan Pangkoarmada II.

CARAT 2022 dijadwalkan pelaksanaannya dari tanggal 7 hingga 21 Desember 2022 dengan mengambil lokasi latihan di sejumlah tempat, yakni Koarmada II, Laut Jawa, Panarukan, Pantai Pasir Putih Situbondo, Lapangan Tembak Kodiklatal, RSPAL dr. Ramelan, dan Yonkes 2 Mar. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini