Metro Times (Purworejo) DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Purworejo resmi membuka pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2024, Sabtu (3/9). Kendati baru dibuka, sebanyak 50 Bacaleg tercatat telah mengantre untuk mendaftar lewat partai berlambang bola dunia tersebut.

Launching Penaftaran Bacaleg berlangsung di Joglo Homestay kediaman Ketua DPC PKB Kabupaten Purworejo, Frans Suharmaji, di Desa Clapar Kecamatan Bagelen. Launching ditandai dengan penyerahan formulir kepada 11 orang perwakilan Bacaleg oleh Ketua DPC PKB bersama Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP), Budi Sunaryo. Hadir antara lain Ketua Dewan Syuro PKB Purworejo, KHR Mahfud Chamid, jajaran pengurus DPC, Direktur Pileg, H Much Dahlan, Direktur Pilpres, Wildan, dan Direktur Pilkada, Rr Nurul Komariyah.

Budi Sunaryo menyebut, sementara ini baru ada sekitar 15 orang Bacaleg yang sudah resmi mendaftar. Namun, secara keseluruhan sudah ada sebanyak 50 Bacaleg yang telah berkomunikasi dengan LPP untuk mendaftar.

“Kebutuhan Caleg kita cuma 45. Dengan pendaftar sebanyak ini, tentu dalam seleksi nanti LPP akan meminta arahan Dewan Syura dan Tanfid demi mendapatkan calon yang terbaik,” sebutnya.

Menurutnya, sebanyak 50 Bacaleg itu berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari tokoh agama, mantan birokrat, pengusaha, kepala desa, politisi, aktivis kepemudaan, hingga aktivis perempuan serta lainnya.

“PKB mempunyai ladang hijau yang luas, mari kita jaga ladang tersebut. Kami, LPP, komitmen untuk membantu terkait strategi pemenangan dan lain-lain,” katanya.

Dalam sambutannya, Fran Suharmaji mengungkapkan bahwa launching pencaftaran Bacaleg yang diadakan lebih awal dari partai lain ini sesuai dengan arahan DPP PKB. Hal itu juga seiring dengan kesiapan DPC PKB Purworejo untuk bertarung dalam Pemilu 2024.

“Segala sesuautu insya-Allah sudah kita persiapkan. Kita akan on the track, sesuai waktu dan lain-lain yang tentunya kita selaraskan dengan DPP,” ungkapnya.

Dalam menghadapi Pemilu 2024, DPC PKB juga sudah mengamatkan kepada jajaran sekretariat DPC dan PAC untuk monitorisasi hingga rantingisasi. Saat ini sudah sekitar 85 persen persen ranting terbentuk.
“Roda partai sudah mulai bergerak hingga rantingisasi. Pilpres, Pileg, Pilbup kita siapkan semua,” terangnya.

Lebih lanjut Fran menyampaikan bahwa PKB Purworejo saat ini memiliki banyak kader potensial. Karena itu, pihaknya optimistis dapat menambah jumlah kursi di DPRD, dari saat ini 5 kursi menjadi 8 kursi.
“Kader-kader kita potensial, baik untuk eksekutif maupun legislatif cukup banyak. Pasca launching ini saya berharap LPP bisa menindaklanjuti sebaik-baiknya,” tandasnya.

Adapun bagi kader PKB yang saat ini menjadi anggota DPRD, Fran berharap sisa waktu 2 tahun periode DPRD ini dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menjalankan amanat partai dan merealisasikan aspirasi masyarakat. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini