MetroTimes (Surabaya) — Siswa Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) yang mengikuti Pendidikan Komando (Dikko) Marinir sejak tanggal 23 Desenber 2021, kali ini memasuki tahap latihan Dopper di lapangan Parit Doper PLP 5 Puslatpur Marinir Asembagus Situbondo. Kegiatan Doper ini ditinjau Wakil Komandan (Wadan) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Laksamana Muda TNI Agus Hariadi mewakili Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat. Rabo (5/1)

Saat peninjauan Wadan kodiklatal memberikan semangat kepada para siswa Pendidikan Pertama Bintara Angkatan XLI gelombang 1 ini dengan penekanannya agar siswa melaksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh bersemangat, karena menjadi prajurit Marinir adalah suatu kebanggaan. Sementara itu, kepada pelatih dan pembina siswa (Bingsis) khususnya penembak dopper untuk lebih memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.

Latihan Dopper dilaksanakan dengan tujuan supaya para siswa yang akan menjadi prajurit Marinir TNI AL memiliki mental-mental yang kuat dan tangguh. Penembakan Dopper ini merupakan bagian dari tahap dasar komando, dengan tujuan memberi pengalaman dan keterampilan bergerak di bawah lintasan tembakan peluru tajam, sehingga siswa memiliki keyakinan, keberanian dan kemampuan untuk bergerak menuju sasaran dengan teknik yang baik dan benar.

Selain Penembakan Dopper, dalam latihan praktek (Lattek) Dikko ini para siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLI/1 Kejuruan Marinir juga melaksanakan tahap-tahap latihan lainya seperti Tahap Laut, Tahap Hutan, Tahap Gerilya lawan Gerilya dan diakhiri Lintas Medan (Limed), dimana para siswa harus berjalan kaki dari Banyuwangi ke Surabaya.

Turut serta mendampingi Wadan Kodiklatal dalam peninjauan ini antara lain, Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, Direktur Pendidikan Laksma TNI Ali Triswanto, Direktur Latihan Brigjen TNI (Mar) Widodo, Dankodikmar Brigjen TNI (Mar) Ili Dasili, S.E, Dankodikopsla Laksma TNI Octavianus Budi Susanto, dan Komandan Kodikdukum Laksma TNI Budi Raharjo. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini