- iklan atas berita -

Jalesveva Jayamahe METRO TIMES [ Jakarta ] 4 Maret 2023 —- Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali sambut kedatangan Kapal Perang Republik Indonesia Raden Eddy Martadinata-331 (KRI REM-331) yang baru saja tiba di tanah air sebagai duta bangsa dalam Latihan Bersama (Latma) Multinasional AMAN Exercise 23, di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Jumat (03/03) kemarin.

Latma Multinasional AMAN Exercise 23 yang baru saja dilalui tersebut berlangsung mulai tanggal 9 – 14 Februari 2023 di Karachi Pakistan dan Perairan Utara Laut Arab. Latihan yang digelar dua tahun sekali ini terbagi menjadi dua tahap, yaitu Harbour Phase dan Sea Phase. Sejumlah negara tercatat berpartisipasi dengan mengirimkan kapal perangnya di antaranya Pakistan, Azerbaijan, China, Italy, Japan, Indonesia, Malaysia, Srilanka, Turki, Uni Emirat Arab dan Amerika Serikat.

Latma Multinasional Exercise AMAN 23 merupakan kegiatan berskala internasional yang diselenggarakan oleh Pakistan Navy (Pak Navy) dan merupakan momen pertemuan Angkatan Laut yang bersifat multinasional. Oleh Sebab itu kehadiran KRI REM-331 tidak hanya berpartisipasi dalam mengikuti latihan tersebut, namun juga menjalankan misi diplomasi dan meningkatkan kerja sama secara profesional antar Angkatan Laut, khususnya dengan Pakistan, dan negara-negara peserta latihan lainnya. Kegiatan ini juga memberikan pengalaman prajurit KRI REM-331 dalam bidang Maritime Interdiction Operation serta Naval Warfare.

Kasal menyampaikan rasa bangganya dihadapan para prajurit KRI REM-331, dimana mereka sebagai duta bangsa Indonesia telah membuat harum bangsa Indonesia khususnya TNI Angkatan Laut (TNI AL). Dalam latihan KRI REM-331 berpartisipasi pada serial Surface Firing on Killer Tomato atau penembakan sasaran permukaan Killer Tomato dengan menggunakan Meriam utama dengan hasil perkenaan sangat baik.

Kasal juga menyampaikan bahwa kehadiran KRI REM-331 dalam latihan tersebut sebagai wujud nyata peran dan kehadiran TNI AL dalam kerjasama internasional. Hal ini merupakan implementasi dari pelaksanaan tugas diplomasi Angkatan Laut dalam rangka mendukung kebijakan politik luar negeri yang ditetapkan oleh pemerintah, dan menjadi salah satu tugas dari TNI AL.

ads

Kehadiran KRI REM-331 dalam Latma Multinasional Exercise AMAN 23 sejalan dengan penekanan Kasal dalam berbagai kesempatan menekankan demi mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh, para prajurit Jalasena harus terlatih guna membangun kekuatan yang memiliki kesiagaan dan kesiapan yang tinggi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!