- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Kepolisian Polres Purworejo berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2020 ini. Komitmen tersebut diawali dengan Deklarasi Pencanangan Zona Integritas (ZI) Menuju WBK Tahun 2020 di Auditorium Polres Purworejo, Senin (17/2).

Deklarasi dipimpin langsung oleh Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito SIK SH MSi diikuti para Kabag, Kasat, dan Kapolsek. Hadir dan turut menyaksikan deklarasi antara lain Irwasda Polda Jateng Kombes Pol Drs Budi Yuwono MH, Kabag RBP Rorena Polda Jateng AKBP Cahyo Widiarso SH SIK, Bupati Purworejo yang diwakili oleh Asisten Setda Sumharjono SSos MM, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Wardani SE, jajaran Forkopimda, tokoh masyarakat dan agama, serta perwakilan media.

AKBP Rizal Marito dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pemerintah telah menerbitkan peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2012 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi yang mengatur tentang Pelaksanaan Program Reformasi Birokrasi. Peraturan tersebut menargetkan tercapainya tiga sasaran hasil utama, yakni peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas dari KKN, serta peningkatan pelayanan publik.

Menurutnya, ZI di lingkungan Polri adalah predikat yang diberikan kepada Polri yang mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi Polri.

“Deklarasi Pencanangan ZI Polres Purworejo ini merupakan langkah awal dalam rangka implementasi dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan WBK sehingga pencanganan ini dirasa sangat penting dan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan masyrakat terhadap Polri,” terangnya.

ads

Ditegaskan, ZI tidak dapat dipisahkan dengan komitmen bersama sebagai Sustainable Commitment. Pencanangan ZI juga tidak berhenti setelah terwujudkan WBK.

“Pencanagnan ZI menuju WBK ini saya harapkan menjadi penyemangat bagi satuan kerja Polres Purworejo untuk dapat melaksanakan semua ketentuan dan aturan pemberantasan KKN, reformasi birokrasi dan pelayanan publik secara baik dan benar yang tentunya didukung dengan pengawasan yang konsisten dan onjektif,” tegasnya.

Sementara itu, Kombes Pol Budi Yuwono dalam arahannya mengungkapkan bahwa di wilayah Polda Jateng sejak tahun 2017 hingga saat ini sudah ada 8 Satker Polres dan 1 Satker Polda yang memperoleh predikat WBK. Pihaknya pun mendorong agar Polres lain dapat berlomba-lomba untuk meraihnya.

“Polres Purworejo ini memiliki banyak potensi, seperti punya tokoh Pak Bhabin yang telah mengangkat citra positif polisi. Mari kuatkan komitmen untuk membangun zona integritas. Polres Kabupaten Magelang sudah memperoleh WBK, tinggal ATM saja. Amati, tiru, modifikasi,” ungkapnya.

Menurutnya, membangun WBK tidak semudah yang diucapkan. Seperti halnya dalam ajaran agama, butuh komitmen yang kuat dalam niat, lisan, dan perbuatan.

“Harus miliki komitmen kuat untuk bangun zona integritas,” tandasnya.

Prosesi deklarasi dikuatkan dengan penandatanganan komitmen bersama membangun ZI. Acara kemudian dilanjutkan dengan asistensi oleh Polda Jateng kepada para Kabag, Kasat, dan Kapolsek.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!