METRO TIMES ( Ambon ) KRI TELUK WONDAMA 527 ANTAR 135 CASIS PANDA AMBON MENUJU PANPUS SORONG

TNI Angkatan Laut. Suasana haru mewarnai keberangkatan Calon Siswa (Casis) hasil seleksi Panda Ambon untuk mengikuti Pantukhir pusat di Sorong Papua Barat. Orang tua wali dan kerabat ikut mengantar dan melepas keberangkatan Casis yang akan onboard di KRI Teluk Wondama 527 dari Dermaga Ksatrian Tawiri Lantamal IX Ambon. Selasa, (15/03/2022).

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Danlantamal IX) Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., mendampingi Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Drs. Barnabas N. Orno, melepas keberangkatannya di Tawiri.

Kegiatan Upacara Pemberangkatan dengan Inspektur Upacara Wakil Gubernur Maluku Drs. Barnabas N. Orno dan selaku Komandan Upacara Letkol (Mar) Endik Catur Setiyono, S.H., dilanjutkan Komandan KRI Teluk Wondama 527 Letkol Laut (P) Rizkal Fadlul Kamal, S.E., M.Tr. Opsla melaporkan kepada Irup tentang kesiapan KRI Teluk Wondama 527 untuk Operasi Angkutan Laut menuju Sorong Papua Barat.

Sebanyak 136 Casis terdiri 47 Calon Bintara Pria, 6 Calon Bintara Wanita dan 83 Calon Tamtama PK TNI Angkatan Laut gelombang I TA. 2022 dinyatakan lolos pantukhirda Panda Ambon pada 23 Februari 2022.

Dalam sambutannya Wakil Gunernur Maluku menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah memberikan ucapan selamat dan apresiasi yang tinggi kepada para Calon Bintara dan Tamtama PK TNI AL Gelombang I TA. 2022 serta kepada Lantamal IX Ambon yang telah melaksanakan seleksi prajurit TNI AL dengan integritas dan dedikasi tinggi.

“Saya ucapkan selamat dan sukses bagi Calon Bintara dan Tamtama PK yang akan berangkat ke Satdik III Sorong, semoga kalian semua lulus dan lolos menjadi perwakilan dari Panda Lantamal IX Ambon”, ujar Wagub.

Dalam sesi wawancara dengan awak media Danlantamal IX menyampaikan bahwa
135 Casis berangkat mengikuti seleksi tingkat pusat di Satdik 3 Sorong dan 1 Casis Bintara Wanita akan mewakili Panda Ambon untuk mengikuti seleksi tingkat pusat di Malang Jatim.

“Saya berharap masing-masing calon siswa mempunyai semangat jiwa dan bermental tinggi, serta mandiri sehingga pada akhirnya kalian terpilih menjadi prajurit TNI Angkatan Laut”, harap Danlantamal IX.

Sebelum sesi upacara pemberangkatan ditampilkan Tarian Kreasi Jalesveva Jayamahe oleh prajurit dan pns wanita Lantamal IX Ambon serta diakhir kegiatan disuguhkan tarian Cakalele oleh seluruh Calon Siswa.

Satdik 3 Sorong merupakan gagasan dan terobosan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono sebagai upaya pemenuhan kebutuhan personel TNI Angkatan Laut khususnya pemuda pemudi propinsi Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Provinsi Maluku, Kabakamla Zona Maritim Timur, Kepala BNN Maluku, Kas Guspurla Armada III, Para PJU Lantamal IX, Kasatker Lantamal IX, Komandan KRI Teluk Wondama 527, Ketua Kotcab IX DJA III, Pengurus Korcab IX DJA III dan tamu undangan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini