- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Surat Terbuka yang ditulis Ketua Fraksi Partai NasDem yang juga Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Purworejo, Muhamad Abdullah, mendapat dukungan dari pihak eksekutif dan legeslatif. Dukungan antara lain diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Purworejo Dion Agasi Setiabudi SIKom MSi dan Sekda Purworejo Said Romadhon.

Di dalam surat tersebut, Abdullah mengajak Pemkab Purworejo menguatkan jejaring pengamanan sosial dengan menggerakkan kepedulian para Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Abdullah juga mengajak para anggota DPRD turut andil peduli kepada masyarakat ekonomi kelas bawah yang terdampak adanya masa tanggap darurat Virus Corona.

Dion Agasi mengapresiasi pernyataan sikap dan kesadaran dari Fraksi NasDem tersebut. Hal itu juga sejalan dengan himbauanya selaku Ketua DPRD kepada seluruh anggota untuk menyisihkan sebagian gajinya demi membantu penanganan ekonomi masyarakat terdampak kebijakan social distancing.

“Saya kira ini perlu kita apresiasi bahwa ada kesadaran dari fraksi Nasdem yang sangat baik. Khusus Fraksi PDI Perjuangan bisa saya yakinkan kita akan andil peduli. Bahkan, kita kemarin sebelum gajian, artinya bulan Maret ini sudah mulai menyisihkan,” kata Dion, Senin (30/3).

Sejumlah dana dari Fraksi PDI P tersebut, lanjutnya, sudah salurkan untuk pembuatan tempat cuci tangan di lokasi publik serta penyemprotan disinfektan dan sosialisasi pencegahan Virus Corona di desa-desa. Aksi sosial akan terus berlanjut dengan pembuatan dapur umum bagi masyarakat terdampak, seperti pedagang kecil dan ojek online.

ads

“Terkait dengan fraksi lain memang belum bisa paksakan karena kebijakan ini baru bersifat himbauan, tapi untuk fraksi PDIP sudah kita wajibkan,” tegasnya.

Senada dengan Dion, Sekda Said Romadhon juga mendukung upaya penguatan jejaring sosial melalui aksi kepedulian dari para pegawai di Lingkungan Pemkab Purworejo. Langkah itu juga sudah diawali oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM yang akan menyumbangkan seluruh gajinya selama masa tanggap darurat Corona.

“Sekarang ini kita akan maksimalkan APBD (untuk percepatan penanganan Virus Corona,red). Bersama itu juga akan kita gerakkan perbankan dan badan usaha. Untuk pegawai nanti akan kita koordinir lewat Korpri, Korpri sudah siap,” ungkapnya.

Sementara itu, sekretaris Fraksi Partai Golkar Rohman, juga ikut mendukung ajakan Ketua Fraksi Partai NasDem itu, akan tetapi pihaknya akan membahasnya terlebih dahulu di internal partai.

“Pada dasarnya kita sama (mendukung,red). Saya kira ini perlu kita apresiasi bahwa ada kesadaran dari fraksi Nasdem yang sangat baik. Kita akan ikut andil peduli,” jelas Rohman. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!