- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon) TNI Angkatan Laut. Rasa bangga dan cinta tanah air sangat perlu ditanamkan kepada seluruh warga negara, terutama pada generasi muda. Guna menumbuhkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air tersebut, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon menggelar open ship Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) yang sandar di Dermaga Kesatrian Tawiri Lantamal IX, desa Tawiri, Teluk Ambon, kota Ambon. Sabtu (16/04/2022)

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk wisata kebangsaan dalam rangka mengisi kegiatan Saka Bahari binaan Lantamal IX Ambon tersebut dibagi dalam 2 kelompok, mengingat sebagai tindakan pencegahan dan penanggulangan Covid-19 karena masa pandemi Virus Corona masih belum berakhir.

Sebelum melaksanakan kujungan di kapal perang, seluruh personel Saka Bahari di kumpulkan di geladak kapal perang dan diberi arahan oleh perwira kapal tentang tata tertib dan aturan sebelum memasuki dan saat berada di KRI.

Sejumlah 31 pelajar dari Saka Bahari SMK Pertanian Passo sebagai kelompok pertama mengunjungi KRI Abdul Halim Perdana Kusuma (AHP) dengan nomor lambung 355. Kemudian dilanjutkan kelompok kedua, dari Saka Bahari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon berjumlah 30 orang dengan didampingi 4 personel pembinanya.

Komandan Lantamal IX (Danlantamal IX) Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyampaikan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air pemuda dan pemudi di wilayah Maluku, khususnya Saka Bahari binaan Lantamal IX Ambon, sebagai bangsa Indonesia.

ads

Kegiatan tersebut juga sesuai dengan salah satu perintah harian dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, yaitu menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

“Kunjungan di kapal perang ini juga merupakan pengenalan lebih dekat tentang TNI Angkatan Laut, sebagai penjaga kedaulatan di laut Indonesia”, tambah Danlantamal IX.

Meskipun cuaca terik matahari dalam suasana puasa di bulan Ramadhan, para personel Saka Bahari tetap semangat serta antusias dalam mengikuti jalannya kegiatan, dan mereka sangat menghargai kesempatan yang diberikan untuk mengunjungi Kapal Perang Republik Indonesia.

Selain KRI AHP-355 yang merupakan kapal perang jenis fregat di bawah jajaran Satuan Kapal Ekskorta (Satkor) Koarmada II Surabaya, para pelajar juga diajak mengunjungi KRI Teluk Weda-526, kapal perang jenis angkut tank dan personel yang baru saja memperkuat jajaran Koarmada III Sorong.

Para pelajar tidak hanya diajak berkeliling diatas geladak kapal, mereka juga dikenalkan dengan pakaian dinas dan Peraturan Dinas Dalam (PDD) Khas TNI AL. Selain itu juga, mereka diajak masuk kedalam kapal perang tersebut dan dikenalkan fungsi-fungsi peralatan yang berada di dalam kapal perang serta senjata yang digunakan dengan didampingi oleh para pengawak kapal perang.

Turut hadir dalam kegiatan, Mayor Laut (PM) Agung Djoko Suhendro, S.T., Kadispotmar Lantamal IX dan
Pembina Saka Bahari serta seluruh pengawak KRI AHP-355 dan KRI Weda-526.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!