- iklan atas berita -

 

Metro Times (Surabaya) — Gerakan Muda Peradi (GEMPI) mengadakan kegiatan Forum Group Discussion (FGD) untuk membahas masalah yang dianggap urgent sekali yaitu mempersatukan tiga organisasi Peradi. Yang diadakan di hotel Mojopahit Surabaya, Kamis (20/2).

Romario Palayukan, Presiden Gerakan Muda Peradi (GEMPI), mengatakan, pada FGD kali ini, kita ingin mengajak semua anggota Peradi, dan advokat-advokat muda yang rindu akan persatuan. Karena akibat dari perpecahan Peradi ini akan berdampak masif, karena tidak hanya terhadap anggota advokat aja tapi terhadap masyarakat pencari keadilan. Masyarakat cuma tahu Peradi cuma satu.

“Harapan kita dari FGD ini, kita para advokat yang hadir pada saat ini bisa bertukar pikiran, bagaimana sih ? Mau seperti apa ? Dibikin seperti apa organisasi kita kedepannya ?. Kita inginnya bersatu,” ujar Romario.

ads

Kita berusaha mengajak teman-teman semua anggota Peradi, dan advokat-advokat dari Peradi manapun. Lanjutnya menjelaskan, kami dari Gempi pun dari berbagai macam Peradi, Peradi Luhut juga ada Gempi, Peradi Jenifer juga ada Gempi, dari Peradi Soho juga ada di Gempi. Untuk menyuarakan keinginan Gempi, supaya Peradi menjadi satu.

Gempi sudah bersatu ini menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin untuk hal yang baik, dan ini untuk menunjukkan dan menularkan ke senior para ketua-ketua bahwa Peradi bisa guyup rukun bersatu.

“Kita akan ada agenda besar di Jakarta, yaitu kita akan melakukan audiensi untuk talkshow, dan kita akan mengundang dari pak Junifer, pak Luhut, pak Fauzi dan calon-calon ketua umum yang akan mengikuti Munas Peradi dalam waktu dekat ini. Jadi itu tujuan acara besar kita, mudah-mudahan rencana kita dibulan Maret sebelum Munas Peradi, kita ingin ajak mereka semua berkumpul untuk membicarakan bagaiaman nasib Peradi kedepan,” ungkap Romario kepada Metro Times Surabaya.

“Seruan untuk para senior, untuk pak Junifer, pak Luhut, dan pak Fauzi maupun pak Otto, dan dari calon-calon ketua umum lainnya, bahwa kami berharap untuk bersatu. Pak Junifer, Pak Luhut sudah pernah menjadi Ketua Umum,” Ya sudahlah, selesailah, kasi kesempatan yang muda-muda untuk maju. Beri proses regenerasi lagi untuk setiap anggota Peradi yang ingin memajukan organisasi, dan jangan mempertahankan tradisi-tradisi yang kurang baik,” paparnya.

Regenerasi itu perlu, untuk perubahan-perubahan dan peningkatan-peningkatan setiap organisasi advokat. “Jadi yang muda bukan berarti tidak bisa, sepanjang dipercayakan pasti mampu, maka kami berharap para tokoh advokat bisa mendengar itu dan bisa bantu perjuangan hak-hak kita sebagai advokat kedepannya,” imbuh Romario.

DR. Jimmy Simanjuntak S.H., M.H., advokat dari Peradi Soho, mengatakan, kegiatan kali ini inisiatif dari GEMPI, atas keadaan yang menurut mereka, membuat suatu yang riskan atau miris dikemudian hari kalau terus berlangsung seperti ini. Dan entry pointnya (titik masuk), karena kebetulan Peradi Soho akan melakukan Munas di Surabaya, kemudian Peradi Junifer juga akan Munas dalam waktu dekat. Dan kegiatan GEMPI adalah moment yang pas ketika mereka punya satu visi untuk bisa bersatu kembali, jadi itu yang diharapkan dari kegiatan hari ini. Dan diharapkan untuk para senior, dan ketua-ketua di Peradi untuk menurunkan ego masing-masing, agar harapan Peradi bersatu bisa terwujud.

Pastinya GEMPI bisa berbuat banyak untuk bisa memberikan warna Peradi itu sendiri.

Menurut Jimmy Ketua Umum Asosiasi Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI), pasti Urgen sekali, karena kalau moment ini lewat dan pemimpin-pemimpin berikutnya bukanlah pemimpin yang punya niat untuk mempersatukan Peradi, maka gelombang pemersatuan itu makin jauh. Jadi momentumnya saat ini, kalau memang ada niat untuk bersatu, pilihlah pemimpin yang punya niat untuk bersatu, sehingga atmosfer untuk bersatu itu lebih dekat, makin dekat makin dekat, kalau tiga Peradi ini bersatu maka organisasi yang baru-baru muncul itu juga sangat yakin untuk lebih muda dirangkul.

“Seruan untuk Munas kali ini adalah pada para calon dan calon itu sudah pernah dan lama, saya pikir sudahlah. Artinya berilah kesempatan bagi regenerasi untuk bisa mengurus organisasi, agar organisasi itu hidup dan berkembang. Yang kedua dukunglah generasi-generasi muda yang punya kolaborasi bagus dan punya niat bagus, punya kompetensi bagus untuk memang mewujudkan cita-cita advokat yang bermartabat dan punya marwah,” ujar Jimmy

“Seruan untuk Gempi. Jangan pernah berhenti dan terus melakukan tindakan positif seperti sekarang ini dan rielnya atas kegiatan hari ini, buatlah surat resmi kepada ketiga Peradi itu. Berupa masukan dan apa yang diharapkan,” pungkas Jimmy. (nald)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!