- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMPWR) kembali mewisudakan ratusan mahasiswa untuk tahun akademik 2024/2025. Sebanyak 380 mahasiswa program sarjana dan magister menjalani wisuda periode I ini.

Wisudawan/wisudawati itu masing-masing dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 3 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra sebanyak 22 orang, Program Studi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa 4 orang, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sebanyak 31 orang, Program Studi Matematika 41 orang, Program Studi Pendidikan Ekonomi 10 orang.

Lalu Program Studi Pendidikan Guru sebanyak 47 orang, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif 39 orang, Program Studi Pendidikan Fisika 9 orang, Program Studi Manajemen 75 orang, Program Studi Teknik Sipil 35 orang, Program Studi Teknologi Informasi 9 orang, Program Studi Agribisnis 24 orang, Program Studi Peternakan 6 orang, Program Studi Psikologi 16 orang serta Program Studi Hukum sebanyak 9 orang.

Ratusan wisudawan/wisudawati memperoleh predikat comelaude dalam wisuda ini. Terbanyak berasal dari Prodi Manajemen sebanyak 35 orang disusul Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar sebanyak 33 orang.

ads

Beberapa wisudawan juga menjadi lulusan dengan prestasi non akademik salah satunya wisudawan Prodi Pendidikan Ekonomi atas nama Prasetia Budi Lestari. Ia adalah peraih Juara 1 Lomba Penulisan Essay yang diselenggarakan oleh PUNDI / Pegiat Pendidikan Indonesia dan Universitas Ahmad Dahlan serta juara 3 Lomba Penulisan Essay yang diselenggarakan oleh STKIP PGRI Sumatera Barat dalam acara Semarak Ekonomi Tingkat Nasional Ke-VI, Peserta KKN-PLP Internasional di Malaysia pada tahun 2023.

Tahun ini Universitas Muhammadiyah Purworejo kembali meluluskan Mahasiswa melalui jalur Non-Skripsi dan Non Ujian Skripsi. Ditahun ini pula untuk pertama kalinya, Universitas Muhammadiyah Purworejo meluluskan 3  mahasiswa Magister atau S2 yaitu dari Magister Pendidikan Bahasa Inggris.

Untuk periode ini tercatat juga sebanyak 48 mahasiswa yang memperoleh beasiswa KIP Kuliah juga berhasil lulus dengan tepat waktu.

Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo, Teguh Wibowo memberi ucapan selamat atas keberhasilan wisudawan/wisudawati karena menyelesaikan pendidikan di Universitas tersebut. Rektor juga menyampaikan pesan menohok kepada mereka.

“Teruntuk wisudawan yang kami cintai. Perlu saudara diingat bahwa wisuda bukanlah akhir dari sebuah
perjuangan. Wisuda hanyalah merupakan salah satu momentum dari perjalanan mencapai pendidikan tinggi. Setelah wisuda ini jalan panjang dengan berbagai rintangan dan tantangan akan dilalui. Ingatlah
bahwa besarnya IPK (Indeks Prestasi Kumulatif), tidaklah menjamin kemudahan-kemudahan setelah saudara lulus nanti,” kata Rektor.

Teguh mengutarakan, saat ini dunia kerja pada posisi tertentu menginginkan kemampuan teknis langsung secara mumpuni.  IPK yang bagus menjadi awal agar lebih percaya diri semisal jika ingin mendaftar pekerjaan yang menentukan persyaratan administratif, namun setelah diterima bekerja harus membuktikan skills

“Maka bagaimanapun kemudahan seseorang setelah lulus dan wisuda bukan ditentukan hanya oleh nilai IPK tinggi atau tidak. Tetapi dipengaruhi oleh empat faktoryakni networking, relasi kerja, privilege, dan keberuntungan,” imbuhnya.

“Meskipun demikian wisudawan tidak perlu resah, percayalah dan tetap optimis akan setiap takdir terbaik dari yang Allah SWT. Tentunya dengan Ilmu dan Iman membuat kita percaya diri melalui hari demi hari meraih keutamaan dunia dan akhirat,” pungkasnya.(tyb)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!