- iklan atas berita -

Metro Times (Purworejo) DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendaftarkan sebanyak 45 Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Kantor KPU Purworejo, Sabtu (13/5) siang. Dari sejumlah caleg yang diusung tersebut, PKB optimistis dapat merealisasikan target perolehan 12 kursi DPRD atau 2 kursi di tiap Daerah Pemilihan (Dapil) dalam kontestasi politik Pileg 2024.

Prosesi pendaftaran Bacaleg PKB diiringi kesenian sholawatan Arab atau yang kerap disebut kencrengan.

Ketua DPC PKB Purworejo, Fran Suharmaji saat ditemui usai pendaftaran Bacaleg menyebut, PKB Purworejo telah resmi mendaftarkan 45 Bacaleg untuk bertarung dalam Pileg mendatang.

“Kuota perempuannya, kita diatas 30 persen. Targetnya kita setidaknya setiap Dapil kita 2 kursi, jadi 12 kursi lah, jangan tinggi-tinggi, kita petahana ada 5, nyaleg semua,” katanya.

ads

Dikatakan, Caleg dari PKB pada Pemilu kali ini berasal dari berbagai kalangan seperti ulama, kepala desa, hingga pengusaha. Dengan potensi itu, pihaknya optimistis dapat merealisaikan target.

“Ada beberapa kades, perangkat desa, tokoh masyarakat juga ada semuanya, kita dari berbagai unsur, kyai juga ada. Kades ada 3 orang, dari Kecamatan Pituruh, Kemiri, dan Bener,” sebut Fran.

Fran Suharmaji sendiri akan maju nyaleg di Dapil II (Bagelen, Purwodadi, Ngombol) pada Pileg mendatang. Di sisi lain, Fran Suharmaji juga diisukan bahwa dirinya akan maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Purworejo. Namun saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, dirinya menegaskan bahwa saat ini partai masih fokus untuk memenangkan Caleg. “Untuk Pilkada kita menunggu instruksi pusat, saat ini belum menjurus kesitu, sekarang masih fokus di Caleg,” katanya.

Saat ditanya apakah istrinya juga akan maju nyaleg di Dapil II, Fran juga tidak memberikan keterangan secara gamblang. “Nanti dilihat saja di daftar calon sementara,” sebut Fran.

Ketua Bapilu PKB Purworejo, Budi Sunaryo, membenarkan jika istri dari Fran Suharmaji maju di Dapil yang sama dengan Dapil Fran Suharmaji. Namun, Budi mengatakan hal itu bukan merupakan strategi partai saat Fran nanti maju Pilkada, melainkan hanya untuk memenuhi kuota perempuan. “Ya untuk memenuhi kuota perempuan saja,” kata Budi.

Sementara itu, pendaftaran Bacaleg PKB ke KPU Purworejo ini waktunya hampir bersamaan dengan Partai Golkar dan PAN Purworejo. Partai Golkar datang lebih dulu sekitar pukul 13.00 WIB, disusul PKB pukul 14.00 WIB, dan PAN sekitar pukul 15.00 WIB. Kendati Golkar datang lebih dulu, pada proses pendaftaran Bacaleg ini PKB menjadi yang pertama selesai dan di susul oleh PAN. Berdasarkan pantauan, Partai Golkar belum juga selesai melakukan pendaftaran Bacaleg, dan belum keluar dari gedung KPU hingga sekitar pukul 15.30 WIB. “Sudah selesai, tidak lebih dari setengah jam mungkin tadi ya, dan dinyatakan (berkas) diterima,” kata Fran Suharmaji.

Terkait dengan waktu pendaftaran yang hampir bersamaan dengan PAN dan Partai Golkar, Fran Suharmaji mengatakan hal itu hanya sebuah kebetulan dan bukan sebuah sinyal koalisi.

“Dengan semua partai kita baik, kita membuka peluang (koalisi) dalam Pilkada nanti dengan semua partai. Ini kebetulan saja, bareng disini, kebetulan jadwal kita dari pusat ditentukan hari ini,” tandas Fran. (dnl)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!