- iklan atas berita -

METRO TIMES ( Ambon ) Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas secara resmi membuka Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional II Tahun 2022, di Stadion Oepoi Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada Jumat (28/10/2022).

Acara itu dihadiri juga oleh Anggota DPR RI, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ketua Umum Panitia Pelaksana Pesparani II Tahun 2022, Ketua Konferensi Wali Gereja Indonesia, Gubernur Se-Indonesia, Uskup Se-Indonesia, Peserta pesparani beserta para kontingen, dan dari Provinsi Maluku sendiri dihadiri secara langsung oleh Ketua Kontingen Pesparani Katolik Provinsi Maluku, beserta dengan Pimpinan OPD Terkait Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, dan 36 peserta pesparani perwakilan Provinsi Maluku.

Saat membacakan sambutannya, Menag , mengatakan bahwa Pesparani Katolik adalah sarana pembinaan dan pengembangan masyarakat Katolik Indonesia serta untuk mendorong pengembangan seni budaya Gereja dengan sentuhan lokal, melalui tema “Membangun Persaudaraan Sejati untuk Indonesia Maju.

“Saya berharap Pesparani bisa menjadi sarana bagi umat Katolik untuk berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara, sebagai pengungkit penguatan nilai-nilai keberagaman dan toleransi melalui pelibatan berbagai umat beragama dalam perhelatan ini.”harapnya.

Dirinya juga menambahkan, melalui Pesparani, umat Katolik dapat menunjukan sportifitas dan kreatifitas, dalam mengapresiasi seni budaya bangsa Indonesia, yang diinkulturasikan dalam tradisi, kebiasaan dan budaya musik, serta nyanyian di dalam lingkungan gereja Katolik.

ads

“Oleh karena itu saya berharap kerja sama, sinergitas dan kolaborasi, dari para tokoh agama, tokoh masyarakat dan lembaga keagamaan dari semua agama, termasuk lembaga pesparani untuk terus menjaga, merawat dan melestarikan keagamaan ini.”ujarnya.

Menutup sambutannya ia mengatakan kepada para peserta Jadilah yang terdepan dalam memajukan seni suara dan musik berlanggam nusantara, untuk mewujudkan Indonesia Maju melalui persaudaraan yang dibangun, dengan penyelenggaraan Pesparani Katolik Tingkat Nasional II Tahun 2022, di Kota Kupang Nusa Tenggara Timur.

Untuk diketahui ada 34 Provinsi yang mengikuti Pesparani Katolik Tingkat Nasional II Tahun 2022, dengan 13 mata lomba yang diperlombakan dimana 5 diantaranya dilaksanakan secara of fline dan 8 mata lomba dilaksanakan secara online, dengan melibatkan peserta sebanyak 2.154 orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini
This site is protected by reCAPTCHA and the Google Privacy Policy and Terms of Service apply.

The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.
Captcha verification failed!
Skor pengguna captcha gagal. silahkan hubungi kami!